Jalur metro Jubilee

Kereta bawah tanah tua

Jalur ini, yang disebut Földalatti, adalah jalur tertua kedua di dunia setelah London Underground. Jalur ini dioperasikan pada tahun 1896, hampir 80 tahun sebelum jalur pertama di Praha diluncurkan. Jalur ini ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2002, bukan hanya karena waktu pembangunannya, tetapi juga karena desain arsitekturnya. Stasiun-stasiunnya dihiasi dengan tiang-tiang penyangga dengan elemen dekoratif yang terbuat dari besi tuang atau ubin keramik yang bertuliskan nama-nama stasiun.

Jalur ini, yang saat ini lebih sering disebut sebagai M1 atau Jalur Kuning, membentang di bawah seluruh Andrássy Avenue dan memiliki total 11 stasiun. Namun, jalur ini bukanlah metro biasa, karena terletak tepat di bawah permukaan, jadi Anda hanya perlu menuruni satu lantai imajiner dan sudah berdiri di peron. Metro ini merupakan bagian reguler dari transportasi umum, jadi tiket standar berlaku.

Apa yang bisa dilihat di sekitar

Temukan semua tempat yang dapat dikunjungi di %tempat%.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.