Cara menyewa mobil di luar negeri untuk pertama kalinya

Penyewaan mobil

Ada banyak destinasi di dunia yang tidak akan sama tanpa mobil sewaan. Apakah Anda ingin menjelajahi keajaiban alam Amerika Serikat, menjelajahi Selandia Baru atau Afrika Selatan, atau sekadar ingin bebas dan tidak terikat jadwal, langkah Anda pasti akan mengarah ke mobil sewaan.

Bagaimana sebenarnya cara kerja saat menyewa mobil seperti ini dan apa yang harus diperhatikan? Tidak perlu khawatir, kami telah menulis panduan dasar untuk Anda, dan tidak ada yang akan mengejutkan Anda setelah membacanya.

Tempat memesan mobil

Ada banyak sekali portal pemesanan. Memilih mobil sama seperti memilih penerbangan. Anda bisa menggunakan mesin pencari untuk membandingkan penawaran dari semua perusahaan penyewaan yang tersedia, atau Anda bisa memesan langsung di situs web masing-masing perusahaan penyewaan.

Melalui mesin pencari

Dalam kebanyakan kasus, cara yang paling mudah adalah memesan melalui mesin pencari. Booking.com adalah salah satu yang paling populer dan paling transparan, dan kami sendiri sering menggunakannya.

Ketika Anda memesan melalui mesin pencari, Anda akan selalu tahu perusahaan penyewaan mana yang Anda sewa, dan syarat dan ketentuan penyewaan juga harus dirinci. Hindari situs pembanding dengan harga yang menggiurkan di mana Anda tidak akan menemukan informasi yang sama, misalnya kami tidak menyarankan untuk menggunakan economycarrentals.com.

Pemesanan melalui mesin pencari serupa memiliki keuntungan karena dapat membandingkan sebagian besar penawaran dari yang termurah hingga yang termahal, sehingga Anda tidak perlu mencari melalui situs web perusahaan penyewaan secara individual. Selain itu, pemesanan melalui situs serupa biasanya lebih murah daripada memesan langsung melalui situs web perusahaan penyewaan mobil.

Pesan mobil dengan booking.com

Di sisi lain, salah satu kekurangannya adalah Anda harus membaca ketentuan penyewaan secara detail dan dua kali. Sering terjadi bahwa setelah memilih penawaran tertentu, kondisinya diperbarui dan berbeda dari teks aslinya. Jadi bacalah lagi sebelum membayar.

Saat Anda memesan, Anda membayar uang langsung ke situs dan setiap perubahan atau pembatalan ditangani melalui mereka.

Melalui situs web perusahaan penyewaan mobil

Setiap perusahaan penyewaan, tentu saja, mengoperasikan sistem pemesanannya sendiri di mana mobil dapat dipesan. Dalam kebanyakan kasus, opsi ini lebih mahal daripada mesin pencari yang disebutkan di atas, tetapi tidak selalu demikian. Kami selalu menyarankan untuk membandingkan penawaran.

Khususnya di lokasi premium, yaitu tempat yang sangat turis atau daerah terpencil, mungkin lebih murah untuk memesan langsung melalui situs web perusahaan penyewaan. Beberapa perusahaan terkenal yang beroperasi di seluruh dunia termasuk Alamo, Avis, Budget, Dollar, Europcar, Sixt, Hetz, Alamo, Thrifty, dan lainnya.

Perusahaan penyewaan yang harus dihindari

Tidak semua perusahaan memiliki reputasi yang baik dan, meskipun harganya menggiurkan, pada akhirnya membebankan biaya yang tidak masuk akal atau mencoba menciptakan berbagai kerusakan dan menagih kartu Anda setelah Anda mengembalikan mobil.

Biasanya, perusahaan penyewaan terburuk adalah Goldcar, Centauro, Firefly, Record, dan InterRent.

Di bandara atau di kota?

Selalu periksa harga sewa di cabang bandara dan di kota terdekat. Harga dapat bervariasi hingga puluhan persen di cabang di luar bandara (tetapi tidak harus), jadi bandingkan apakah layak untuk melakukan perjalanan singkat dari bandara menggunakan transportasi lokal. Untuk informasi mengenai transportasi dari lebih dari 600 bandara, lihat panduan kami.

Kapan harus memesan dan berapa biaya sewa mobil

Umumnya, semakin awal Anda memesan mobil, semakin murah biaya yang harus Anda bayarkan. Sebagian besar perusahaan penyewaan mobil dan situs pemesanan seperti booking.com mengizinkan pembatalan gratis 48 jam sebelum penyewaan, jadi tidak ada yang menghentikan Anda untuk memesan jauh-jauh hari untuk berjaga-jaga dan memeriksa harga dari waktu ke waktu - bahkan perusahaan penyewaan mobil mungkin memiliki berbagai promosi diskon.

Selain itu, seperti halnya penerbangan, bukan hanya seberapa jauh sebelumnya Anda memesan mobil, tetapi juga pada tanggal berapa.

Di destinasi liburan, Anda akan membayar paling mahal selama liburan musim panas, sementara di musim dingin harga sering kali sangat rendah, hanya ratusan crown per hari (misalnya, di Irlandia, Spanyol, atau Portugal).

Pesanlah sewa mobil Anda jauh-jauh hari

Bahkan tergantung pada hari Anda menyewa mobil. Jika Anda menuju ke tujuan wisata, tarif akhir pekan akan menjadi yang termahal (biasanya dimulai pada tengah hari pada hari Kamis dan berakhir pada tengah hari pada hari Senin), sementara hari kerja akan menjadi yang termahal di kota-kota besar tempat mobil disewa untuk bekerja.

Setiap kali Anda memesan, Anda mengisi tanggal dan waktu penjemputan yang tepat, yang memainkan peran penting. Tarif dihitung untuk setiap hari. Jika Anda menyewa mobil pada hari Jumat pukul 10:30 pagi dan mengembalikannya pada hari Sabtu pukul 10:30 pagi, Anda akan membayar untuk 1 hari, tetapi jika Anda mengembalikannya pada pukul 11:00, Anda akan membayar untuk 2 hari penuh.

Selain itu, semakin lama masa sewa, semakin sedikit Anda membayar per hari. Misalnya, jika Anda menyewa mobil di AS selama 14 hari, Anda mungkin akan membayar kurang dari 30 dolar AS per hari.

Apa yang harus diperhatikan saat memesan

Ada beberapa hal rumit yang bisa terjadi saat Anda mencari penawaran termurah, beberapa di antaranya bisa berakibat buruk bagi dompet Anda. Singkatnya, saat menyewa mobil, lebih dari di tempat lain: bacalah syarat dan ketentuannya.

Asuransi, biaya tambahan, dan deposit

Tiga kata ajaib yang mungkin paling sering Anda baca saat menyewa mobil. Ketiganya berkaitan erat satu sama lain.

Anda dapat mengatur asuransi baik melalui pihak ketiga, misalnya saat memesan melalui booking.com, atau secara mandiri dengan perusahaan lain, atau langsung dengan perusahaan penyewaan.

Opsi asuransi pihak ketiga lebih murah, tetapi di sisi lain, "dokumen" jika terjadi masalah sedikit lebih rumit. Jika Anda mengambil asuransi melalui pihak ketiga dan terjadi sesuatu, perusahaan penyewaan mobil akan menagih kartu Anda dan Anda kemudian akan mengklaim dari perusahaan tempat Anda mengambil asuransi.

Di sisi lain, jika Anda diasuransikan langsung dengan perusahaan penyewaan, Anda tidak perlu berurusan dengan apa pun dan perusahaan penyewaan menangani semua dokumen untuk Anda. Di sisi lain, asuransi semacam itu jauh lebih mahal dan dalam beberapa kasus melebihi harga sewa itu sendiri.

Harga dasar hampir selalu sudah termasuk asuransi CDW (Collision Damage Waiver), tetapi ini hanya mencakup kerusakan pada bodywork hingga jumlah tertentu. Asuransi ini tidak mencakup kerusakan pada interior, jendela, bagian bawah mobil atau ban.

Anda selalu dapat menambahkan komponen individual ke dalam harga, atau Anda dapat memilih polis asuransi mobil lengkap dengan deductible nol (biasanya disebut sebagai LDW atau FDW). Harga bervariasi tergantung pada lokasi, jenis mobil, dan lama penyewaan.

Biasanya berkisar antara 25 usd per hari jika diatur melalui "pihak ketiga", atau 25 usd hingga 60 usd jika diatur langsung melalui perusahaan penyewaan.

Thedeductible adalah jumlah maksimum yang dapat dibebankan oleh perusahaan rental kepada Anda jika terjadi kerusakan atau pencurian mobil. Jumlahnya bisa berkisar dari ratusan hingga ribuan euro (maksimum yang kami temui adalah 2.500 euro).

Jika Anda membeli asuransi penuh dengan deductible nol, Anda tidak membayar apa pun jika mobil Anda rusak atau dicuri, tetapi sekali lagi, dengan asuransi pihak ketiga, perusahaan penyewaan mengambil uangnya terlebih dahulu dan Anda kemudian mengklaim kerusakan dari perusahaan asuransi Anda.

Waspadalah! Jika Anda tidak membayar asuransi penuh (LDW atau FDW) dan hanya menyertakan asuransi CDW dasar (biasanya hanya bodywork), jumlah kelebihan hanya akan berlaku untuk asuransi tersebut.

Jika Anda memiliki mobil sewaan tanpa asuransi penuh dengan hanya CDW dasar dan Anda merusak mesin, kopling, atau bagian lain dari mobil, Anda akan membayar jumlah penuh dari kerusakan, bukan hanya jumlah maksimum yang dapat dikurangkan.

Deposit adalah jumlah yang akan diblokir pada hari penyewaan dan akan dibuka ketika Anda mengembalikan mobil jika Anda mengembalikannya dengan selamat. Harap dicatat, uang tidak secara otomatis dibuka pada hari pengembalian, seluruh prosesnya bisa memakan waktu hingga 3 minggu.

Sekali lagi, jumlah deposit sangat bervariasi di seluruh perusahaan penyewaan dan dapat berkisar antara 100 hingga 2.500 euro. Seringkali deposit sama dengan biaya yang dapat dikurangkan, tetapi ini bukan aturannya.

Berapa banyak uang yang akan dikunci oleh perusahaan penyewaan tergantung lagi pada polis asuransi. Jika Anda mengambil perlindungan penuh langsung dari perusahaan penyewaan, akan ada sedikit atau tidak ada deposit, jika perlindungan penuh tanpa kelebihan diambil melalui pihak ketiga (misalnya, renalcars.com atau perusahaan asuransi tradisional), Anda tidak akan terhindar dari deposit.

Apa pun itu, simpanlah dana yang cukup di kartu yang tidak akan Anda perlukan segera selama liburan atau selama beberapa minggu setelahnya.

Kartu kredit atau debit?

Terkait dengan deposit adalah pertanyaan abadi tentang jenis kartu kredit. Anda membutuhkan kartu kredit untuk meminjam. Inilah yang dibutuhkan oleh sebagian besar perusahaan penyewaan mobil untuk memblokir deposit Anda.

Meskipun ada pengecualian di mana Anda bisa bertahan dengan kartu debit, biasanya itu berarti harus membeli asuransi yang mahal dengan pengurangan nol. Kasus di mana Anda mengetahui di tempat bahwa mereka tidak akan meminjamkan mobil hanya karena Anda tidak memiliki kartu kredit adalah hal yang biasa.

Kartu kredit lebih dapat dipercaya oleh perusahaan rental daripada kartu debit, mereka lebih yakin bahwa klien akan memiliki cukup dana jika diperlukan. Meminjam dengan kartu kredit juga lebih baik untuk Anda - jika deposit dalam jumlah besar diblokir, Anda akan "kehilangan" uang bank dan bukan uang Anda secara langsung.

Waspadai kebijakan bahan bakar

Kebijakan bahan bakar harus sudah dinyatakan dengan jelas saat memesan mobil. Yang paling umum dan transparan adalah apa yang disebut "Full - Full". Anda menyewa mobil dengan tangki penuh dan mengembalikannya dengan tangki penuh, membayar bensin persis seperti yang Anda kendarai.

Tarif yang lebih murah dapat ditawarkan oleh perusahaan penyewaan dengan kebijakan "Penuh - Kosong" atau juga "Bahan Bakar Prabayar", yaitu "Penuh - Kosong", di mana Anda menyewa mobil dengan tangki penuh dan mengembalikannya dengan tangki kosong. Hindari penawaran seperti itu. Bukan berarti Anda akan mendapatkan mobil gratis dengan tangki bensin penuh.

Anda membayar bensin di muka, tetapi Anda dapat mengembalikan mobil dengan tangki kosong saat mengembalikannya. Pertama, perusahaan penyewaan akan menagih Anda dengan harga bensin setinggi mungkin, dan kedua, Anda akan terus memperhatikan pengukur bahan bakar di akhir masa sewa untuk memastikan Anda tidak membayar lebih dan mengembalikan mobil dalam keadaan "kosong".

Batas jarak tempuh dan pembatasan area pergerakan

Perhatikan item "Mil/kilometer". Tidak semua perusahaan penyewaan mengizinkan Anda mengemudikan mobil tanpa batas. Mereka mengizinkannya, tetapi Anda akan membayar jika melebihi batas gratis.

Jika tertulis "tidak terbatas", maka Anda dapat mengendarai mobil sejauh yang Anda inginkan. Jika tidak, selalu ada jumlah maksimum kilometer yang dapat Anda kendarai secara gratis (per hari) dan jumlah biaya untuk setiap kilometer tambahan, biasanya sekitar 1 USD.

Biasanya perusahaan penyewaan mobil juga melarang perjalanan ke negara lain. Jika Anda ingin pergi ke luar negara tempat Anda menyewa mobil, selalu pastikan terlebih dahulu bahwa hal ini memungkinkan.

Jumlah pengemudi

Setiap kali Anda melakukan pemesanan, Anda mengisi apakah Anda ingin menambahkan pengemudi tambahan. Jika Anda tidak menambahkan layanan ini, secara otomatis diasumsikan bahwa hanya orang yang menyewa mobil yang akan mengemudi.

Jika mobil dikemudikan oleh pengemudi yang berbeda dengan yang tertera di kontrak, hal ini tidak melanggar hukum. Namun, jika ada masalah dengan mobil atau jika terjadi kecelakaan, baik yang disebabkan oleh kesalahan atau tidak, dan mobil dikemudikan oleh orang yang tidak ada dalam kontrak, seluruh biaya akan menjadi tanggung jawab Anda. Hal ini berlaku meskipun Anda telah membayar asuransi penuh tanpa kelebihan.

Usia pengemudi atau tua dan muda membayar ekstra

Jika Anda menyewa mobil dan Anda berusia di bawah 25 tahun atau di atas 65 tahun, ada biaya tambahan untuk pengemudi muda, yang tidak dapat dihindari di perusahaan penyewaan mana pun di seluruh dunia.

Ini adalah fakta statistik bahwa pengemudi muda dan tua lebih rentan terhadap kecelakaan dan perusahaan penyewaan mobil mengetahui hal ini. Di beberapa negara, asuransi kewajiban yang lebih tinggi harus dibayar jika pengemudi muda yang mengemudi.

Jumlahnya sangat tinggi dan tidak jarang melebihi harga sewa penuh.

Jika Anda berusia di bawah 21 tahun, sebagian besar negara tidak akan menyewakan mobil untuk Anda sama sekali - bahkan dengan biaya tambahan.

Jenis mobil

Ketika Anda memesan, Anda tentu saja dapat memilih dari berbagai ukuran dan kelas mobil. Namun, ingatlah bahwa perusahaan penyewaan tidak akan menjamin merek dan model tertentu. Selalu perhatikan "... atau serupa", yang berarti mereka akan menyewakan Anda mobil yang sama atau serupa di kelas tersebut.

Ingatlah juga bahwa mobil bertransmisi manual mungkin tidak selalu tersedia, terutama di Amerika Serikat, Australia, atau Selandia Baru.

Penyewaan mobil sekali jalan

Meskipun tergoda untuk merencanakan perjalanan darat yang epik di seluruh negeri, namun kurang praktis jika Anda harus kembali ke tempat Anda menyewa mobil. Sebagian besar perusahaan penyewaan mobil besar akan mengizinkan Anda mengembalikan mobil di cabang yang berbeda (tetapi selalu di negara yang sama). Namun, periksalah harga akhir dengan sangat teliti dan periksa item-item dengan informasi tentang apa saja yang tidak termasuk dalam harga.

Pesan sewa mobil sekali jalan

Biaya sewa mobil sekali jalan bisa sangat tinggi, seringkali berkali-kali lipat dari biaya sewa itu sendiri. Perusahaan penyewaan mobil yang kurang bereputasi tidak akan memasukkan biaya ini ke dalam harga total, mereka hanya akan menyebutkannya dalam cetakan kecil dalam informasi tentang apa yang tidak termasuk dalam harga.

Tentu saja ada pengecualian di mana biaya sekali jalan tidak terlalu tinggi, biasanya di negara-negara kecil, pulau-pulau, dan juga beberapa perusahaan penyewaan di AS, Afrika Selatan, atau negara-negara Eropa.

Peralatan tambahan yang mahal

Jika Anda bepergian dengan anak-anak, Anda mungkin akan memesan kursi mobil anak bersama mobil Anda. Namun, perhatikan baik-baik berapa biayanya. Harga umum untuk penyewaan selama seminggu adalah sekitar €1 dan Anda mungkin lebih baik membawa kursi tersebut dari rumah, karena sebagian besar maskapai penerbangan menyediakannya secara gratis.

Hindari membayar ekstra untuk GPS sama sekali, dengan harga yang sering mencapai tingkat yang tidak masuk akal, yaitu sekitar 100 euro per minggu.

Apa yang saya perlukan

Kami telah menyebutkan kendala utama yang mungkin Anda temui saat memesan mobil itu sendiri. Tapi apa saja yang perlu Anda bawa untuk menyewa mobil?

Pertama-tama, Anda memerlukan kartu kredit atas nama pengemudi yang Anda pesan. Kami telah membahas masalah kartu debit versus kartu kredit di atas.

Hal penting lainnya adalah SIM internasional. Tentu saja ada pengecualian. Misalnya, jika Anda memiliki SIM Uni Eropa dan bepergian ke negara Uni Eropa lain, SIM internasional tidak diperlukan.

Anda juga harus membawa SIM reguler Anda, karena SIM internasional tidak berlaku.

Kami juga menyarankan agar Anda mengunduh peta offline ke ponsel Anda di rumah dan tidak menghabiskan uang yang tidak perlu untuk membeli peralatan GPS.

Cara kerjanya di tempat

Saat Anda mengambil mobil Anda

Saat menjemput, Anda mungkin akan menemukan 3 jenis penjemputan. Di bandara-bandara besar, konter penyewaan mobil biasanya berada di gedung khusus dengan papan petunjuk yang jelas, atau Anda dapat naik bus antar-jemput atau kereta api lokal, yang selalu gratis.

Bandara yang lebih kecil memiliki konter tepat di aula kedatangan, dan di bandara terkecil Anda dapat meminta seseorang dengan tanda untuk membawa Anda ke cabang.

Di konter, Anda akan menyerahkan semua dokumen yang diperlukan (paspor/kartu identitas dan SIM internasional) dan menolak layanan tambahan yang ditawarkan perusahaan penyewaan. Biasanya ini adalah tawaran LDW (yaitu asuransi penuh tanpa potongan) atau tangki prabayar.

Anda biasanya harus membayar asuransi di muka dan tangki prabayar biasanya tidak hemat biaya.

Anda kemudian menunjukkan kartu kredit yang digunakan untuk membayar biaya sewa, dan mereka biasanya memblokir deposit dengan jumlah yang telah ditentukan sebelumnya. Hal ini selalu ditunjukkan dalam syarat dan ketentuan sewa.

Setelah itu, tidak ada yang menghalangi Anda untuk memiliki mobil tersebut. Anda akan selalu diberikan template, yang akan diisi oleh Anda atau karyawan perusahaan rental di depan Anda, di mana saja dan seberapa parah kerusakan mobil tersebut. Jangan meremehkan pemeriksaan dan isi semua kerusakan yang terlihat, mulai dari goresan kecil hingga interior yang kotor.

Anda kemudian dapat menyerahkan formulir tersebut kepada petugas atau memasukkannya ke dalam kotak yang tersedia saat Anda meninggalkan tempat parkir (ini umum dilakukan di Amerika Serikat, misalnya).

Saat mobil diserahkan

Sebelum Anda menyerahkan mobil Anda, pastikan mobil Anda tidak terlalu kotor dan jika kotor, bawalah ke tempat pencucian mobil dan sedot debu. Ini akan lebih murah daripada biaya pembersihan yang akan dikenakan oleh perusahaan penyewaan (biasanya sekitar 60 USD).

Mengembalikan mobil itu sendiri biasanya merupakan formalitas yang cepat. Anda datang, serahkan kunci dan selesai. Di beberapa perusahaan penyewaan, seorang karyawan akan langsung memeriksa mobil dan memberi tahu Anda jika ada yang salah, di perusahaan lain Anda bahkan tidak bertemu dengan orangnya dan meletakkan kunci di kotak yang sudah disiapkan.

Meskipun mengambil mobil di luar jam buka perusahaan penyewaan tidak memungkinkan sama sekali atau dikenakan biaya tambahan khusus, pengembalian di luar jam buka biasanya gratis. Anda meletakkan kunci di dalam kotak di konter.

Sebaiknya Anda memeriksa laporan kartu kredit Anda secara teratur setidaknya selama beberapa minggu setelah Anda kembali. Sebagian besar perusahaan penyewaan terkemuka akan memberi tahu Anda melalui email jika mereka menemukan masalah (atau bahkan jika Anda membayar denda) sebelum mengambil uang dari blokir Anda, tetapi ada beberapa perusahaan penyewaan yang tidak mau repot-repot memberi tahu Anda.

Kesimpulan

Menyewa mobil dapat membuat perjalanan Anda lebih mudah, dan juga memperpanjang perjalanan Anda ke tempat-tempat baru yang sebelumnya tidak dapat Anda kunjungi. Namun, penting untuk mengetahui dan mempelajari syarat dan ketentuan penyewaan dengan baik, dan yang terpenting, memahaminya.

Lebih dari tempat lain, penawaran yang tampaknya paling murah belum tentu yang paling murah pada akhirnya. Karena ada banyak hal yang perlu diperhatikan, kami akan menyimpulkan dengan ringkasan singkat.

Bandingkan harga sewa mobil

  • Asuransi biasanya tidak termasuk dalam harga dasar. Anda bisa mendapatkan yang lebih murah melalui pihak ketiga, dengan peringatan bahwa jika terjadi klaim asuransi, Anda harus menangani semuanya sendiri dan perusahaan penyewaan akan meminta uang jaminan yang besar. Pilihan lainnya adalah asuransi yang jauh lebih mahal secara langsung melalui perusahaan penyewaan. Keuntungannya adalah perusahaan penyewaan akan menangani kemungkinan tersebut untuk Anda dan Anda tidak perlu khawatir tentang apa pun, serta uang muka yang rendah atau tanpa uang muka.
  • Anda akan membutuhkan kartu kredit dan memiliki limit yang cukup untuk memblokir deposit. Meminjam dengan kartu debit hanya dapat dilakukan di beberapa perusahaan penyewaan dan sering kali disertai dengan deposit yang tinggi.
  • Jangan tertipu oleh kebijakan bahan bakar; menyewa dan mengembalikan mobil dengan tangki penuh adalah hal yang optimal.
  • Saat Anda kembali, periksa kartu kredit Anda secara teratur, karena perusahaan penyewaan yang kurang bereputasi baik mungkin akan mengenakan biaya tambahan.