Jembatan Széchenyi lánchíd

Budapest

Jembatan Rantai (Széchenyi Lánchíd), yang dibangun pada tahun 1849, merupakan penghubung pertama antara kota Buda dan Pest yang pada saat itu masih berdiri sendiri (kedua kota ini digabungkan pada tahun 1872). Jembatan ini merupakan prakarsa Pangeran István Széchenyi, yang membawa mesin uap ke Hongaria dan mendirikan Akademi Ilmu Pengetahuan Hongaria, serta dirancang oleh insinyur Inggris William dan Adam Clark.

Hotel yang menghadap ke Sungai Donau

Meskipun memiliki kata "rantai" langsung pada namanya, jembatan ini sebenarnya adalah jembatan gantung klasik, namun secara arsitektur merupakan salah satu yang terindah di Eropa, dengan bentang 202 meter, bahkan pada saat peresmiannya, jembatan ini merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Bagian dari rantai baja besar seberat lebih dari 5.000 ton terpasang pada gerbang batu besar, yang membentuk fitur jembatan yang paling mencolok.

Jembatan Széchenyi juga merupakan jembatan pertama dari 8 jembatan modern yang menghubungkan dua kota, Buda dan Pest, menjadikannya jembatan paling terkenal di Budapest.

Di sisi Buda, Terowongan Buda di bawah Castle Hill dengan portal pintu masuknya yang megah terhubung ke jembatan. Pembangunannya dimulai tidak lama setelah jembatan selesai dibangun dan selesai pada tahun 1857.

Apa yang bisa dilihat di sekitar

Temukan semua tempat yang dapat dikunjungi di %tempat%.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.