Levadas berjalan di Madeira

Funchal

Levada adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan saluran irigasi di Madeira yang membawa air dari daerah yang kaya akan air tanah ke daerah pertanian, terutama di selatan pulau.

Mengapa levadas muncul?

Madeira adalah pulau yang relatif basah dan hujan, jadi pada awalnya keberadaan saluran irigasi tidak masuk akal. Masalahnya adalah geologis.

Pulau ini sebenarnya adalah puncak gunung berapi bawah laut yang sudah punah dan lapisan geologi yang berbeda, tidak mendatar, sebagian besar miring ke utara. Hal ini menyebabkan drainase air tanah. Dalam praktiknya, ini berarti bahwa sebagian besar hujan yang turun di bagian selatan pulau mengalir di bawah tanah ke utara dan tidak tertahan di tempatnya.

Inilah sebabnya mengapa sistem cerdik dari batu sempit, kemudian beton, kanal dibuat, menenun jalan dari utara yang hujan dan pegunungan tengah ke ladang di bagian selatan Madeira.

Sebagian besar levadas berasal dari ketinggian antara 900 dan 1.500 meter, dan untuk melintasi puncak gunung yang tinggi dan lembah yang dalam, banyak terowongan atau jembatan yang telah dibangun di mana levadas dialihkan.

Kanal-kanal pertama mulai dibangun sejak akhir abad ke-15, tetapi ledakan konstruksi utama terjadi pada abad ke-19 dan ke-20, ketika teknologi memungkinkan untuk menggali terowongan yang panjang.

Saat ini, ada sekitar 110 levadas utama dan lebih dari 100 levadas sekunder yang aktif di Madeira , dengan total panjang 2 400 km (jika semua cabang kecil disertakan, angkanya naik menjadi hampir 5 000 km). Lebih dari 40 km terowongan melintasi medan, yang terpanjang di antaranya berukuran lebih dari 5,5 km.

Yang terpanjang adalah Levada dos Tornos sepanjang 106 km, yang juga memasok dua pembangkit listrik tenaga air, diikuti oleh Levada do Norte sepanjang 98 km.

Pesan hotel di Madeira dengan harga diskon

Rute pendakian di sepanjang Levada

Levadas sebenarnya adalah palung beton di mana selalu ada beberapa bagian yang digunakan untuk konstruksi dan pemeliharaan. Lebar bagian ini biasanya antara 1 dan 2 meter dan segera ditemukan bahwa itu dapat berfungsi sebagai jalur pendakian. Jalur pendakian resmi yang ditandai di sepanjang levadas menjadi sangat populer selama abad ke-20 dan saat ini trekking di sepanjang levadas adalah salah satu aktivitas utama di Madeira.

Saat melakukan trekking di sepanjang levadas, bersiaplah untuk bagian yang sering kali sempit sehingga sulit untuk menghindari lalu lintas yang melaju, tetapi biasanya dilengkapi dengan pagar pembatas.

Secara umum, berjalan di sepanjang levadas aman dan relatif berdampak rendah karena kemiringan levadas selalu landai. Dengan demikian, kesulitan utama sering kali terletak pada jarak yang jauh. Selalu disarankan untuk mengenakan alas kaki tahan air dan membawa senter atau lampu depan, karena banyak jalan setapak yang melewati terowongan yang tidak memiliki penerangan.

TOP 5 levadas terindah di Madeira

Pilihannya selalu sangat subyektif, tetapi kami yakin 5 levadas wisata ini akan menyenangkan semua jenis wisatawan. Untuk penjelasan rinci dan peta rute, klik pada nama levada:

  1. Levada Caldeirão Verde
  2. Levada do Risco
  3. Levada das 25 Fontes
  4. Levada do Moinho
  5. Levada do Rei

Lebih banyak levada wisata

Namun, masih banyak lagi levada di Madeira yang layak untuk dikunjungi dan dilewati. Secara total, ada sekitar 35 levadas yang merupakan tempat wisata. Mari kita lihat daftar singkat dan petanya. Peta di bawah ini menawarkan informasi lebih rinci tentang setiap levadas, cukup klik pada rute atau tautan peta.

  • Levada dos Tornos - Levadas terpanjang di Madeira, yang paling mudah diakses turis adalah dua bagian di dekat Funchal, di mana Anda dapat menikmati perjalanan yang menyenangkan antara desa-desa kecil dan ladang, dan satu di utara pulau dekat desa Boaventura, tempat levadas dimulai dan Anda dapat menikmati pendakian ke kedalaman alam hutan yang masih alami. Lihat peta rute untuk Funchal, Camacha dan Boaventura.
  • Levada do Norte - Levada terpanjang kedua melintasi pulau dari utara ke selatan. Jalur yang panjang ini merupakan jalur termudah dan paling mudah diakses, dan Anda dapat melintasi lanskap selatan yang damai di antara desa-desa dan ladang di dekat Câmara de Lobos dan Ribeira Brava (lihat peta). Bagian lain yang dapat diakses berada di ketinggian di pegunungan dekat pelana Encumeada, dengan pemandangan yang memukau di daerah sekitarnya (peta rute yang mudah dan menantang ).
  • Levada do Alecrim - Rute mudah yang bagus di daerah Rabaçal melalui lembah hijau yang tenang dan ideal untuk digabungkan dengan tanjakan lain yang lebih pendek di daerah tersebut, lihat peta.
  • Levada do Paul - Rute yang menarik melalui medan pegunungan yang tinggi dengan sedikit kenaikan ketinggian yang mengarah melalui lanskap yang sama sekali berbeda dengan daerah lain di Madeira. Selama pendakian Anda hanya akan menemukan vegetasi rendah, semak belukar dan padang rumput berwarna-warni dengan pemandangan indah di sekitarnya, lihat peta.
  • Levada Nova da Calheta - Levadas yang panjang di bagian barat pulau, yang dapat Anda persingkat atau gunakan hanya bagian pendeknya saja. Medan mudah yang ideal melalui lanskap ladang, padang rumput, lembah yang dalam dan desa-desa, mengikuti garis kontur sehingga kemiringannya minimal, lihat peta.
  • Levada da Ribeira da Janela - Menurut kami, salah satu tanjakan terindah di Madeira yang berkelok-kelok melewati lembah hijau lebat dengan pemandangan pegunungan dan lautan yang spektakuler. Namun, ini cukup menantang karena panjang dan ketinggiannya dan terletak di bagian pulau yang paling sering hujan, jadi pakaian tahan air adalah suatu keharusan, lihat peta.
  • Levada Nova - Kelanjutan levada yang lebih menantang dan lebih jarang dilalui ke Moinhos membawa Anda ke lembah-lembah yang sepi tanpa penduduk dan desa-desa kecil, lihat peta.
  • Levada da Rocha Vermelha - Rute yang lebih sulit di daerah Rabaçal, yang membawa Anda melewati, antara lain, terowongan tanpa penerangan sepanjang satu setengah kilometer dan rute yang indah di ngarai berhutan lebat, lihat peta.
  • Levada do Caniçal - Machico - Rute yang lebih santai dekat dengan resor Machico, menawarkan pemandangan indah seluruh kota dan pegunungan di sekitarnya, lihat peta.
  • Levada do Castelejo - Rute yang jarang dikunjungi tetapi lebih indah melalui pedesaan yang indah dekat dengan kota Porto da Cruz, lihat peta.
  • Levada do Furado - Rute yang indah dari Ribeiro Frío melalui lembah berhutan lebat dengan sesekali pemandangan daerah sekitarnya. Keuntungannya adalah kedua ujungnya dapat dicapai dengan transportasi umum karena berakhir di pinggiran barat Machico, lihat peta.
  • Levada Nova - Santo da Serra - Rute yang hampir tidak dikenal yang menggabungkan levada dengan jalan setapak biasa, yang hampir melingkar dan membawa Anda ke hutan dan ladang di antara desa-desa di atas bandara, lihat peta.
  • Levada do Caniço - Rute yang menyenangkan melalui lembah yang dalam di tepi Caniço, cukup mudah diakses oleh transportasi umum dan jarang dikunjungi, lihat peta.
  • Levada da Serra do Faial - Sebuah levada tersembunyi di pinggiran timur Funchal membentang di sepanjang bukit di atas kota-kota di pedesaan dan di antara ladang, kedua ujungnya dapat diakses dengan baik oleh transportasi umum, lihat peta.
  • Levada Fajã do Rodrigues - Levada yang pendek namun cukup menantang di dekat kota São Vicente, dengan terowongan tanpa penerangan sepanjang 500 m, membawa Anda dari lanskap ladang yang damai dan pemandangan ke jantung Madeira yang berhutan dengan peternakan yang ditinggalkan, lihat peta.
  • Levada do Lombo do Mauro - Pendakian yang lebih sulit dengan kemiringan yang lebih tinggi melalui lanskap yang indah dari dataran pegunungan tinggi ke lembah hijau di selatan. Ujung utara tidak dapat dicapai dengan transportasi umum, jadi Anda harus mengambil rute yang sama untuk kembali, lihat peta.
  • Levada do Cedros - Jalan setapak yang hampir sepi yang menghubungkan kota Ribeira da Janela dan hutan Fanal yang ajaib mengarah ke pedesaan yang masih alami. Karena kurangnya transportasi umum, Anda harus mengambil rute yang sama untuk kembali, lihat peta.
  • Levada da Silveira (Santana) - Rute yang terlupakan di sekitar kota Santana mengarah melalui medan yang terkadang sulit untuk dilalui, namun semakin indah karenanya. Jalan ini sangat jarang digunakan namun terpelihara dengan baik di tempat-tempat berbahaya, lihat peta.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.