Ajaccio

Ajaccio

Ajaccio adalah ibu kota dan kota terbesar di Corsica dan merupakan pelabuhan penting. Terdapat banyak toko, butik, kafe, serta pasar harian.

Arsitektur Ajaccio bukanlah arsitektur resor Mediterania pada umumnya, melainkan arsitektur kota kaya di daratan Prancis. Rumah-rumah indah menghiasi kawasan pejalan kaki dan pusat kota, dan fasilitas lengkap di kota terbesar ini sangat cocok untuk mengisi ulang perbekalan saat berkeliling pulau.

Pemandangan dan sejarah

Kota ini merupakan tempat kelahiran Napoleon Bonaparte dan banyak monumen di kota ini didedikasikan untuknya. Anda akan menemukan tempat kelahirannya, yang juga merupakan museum, monumen, dan beberapa patungnya. Pusat kota yang indah dan padat, penuh dengan jalan-jalan sempit dan rumah-rumah megah, mengundang Anda untuk berjalan-jalan dan menikmati restoran.

Jangan lewatkan pemandangan ini di Ajaccio:

  • Maison Bonaparte - tempat kelahiran Napoleon dengan museum (harga sekitar 7 euro, lihat situs web resminya)
  • Katedral Maria Diangkat ke Surga - Napoleon dibaptis di sana dan interiornya didominasi oleh altar bergaya barok - hadiah dari saudara perempuan Napoleon, Elisa. Katedral ini dibangun pada tahun 1593
  • Chapelle Impériale - kapel monumental yang dibangun pada tahun 1860, yang menaungi makam orang tua dan saudara-saudara Napoleon Bonaparte
  • Benteng - benteng besar di tanjung di atas laut tepat di pusat Ajaccio yang berasal dari masa sebelum masehi, bentuknya yang sekarang berasal dari abad ke-17
  • Musée Fesch - museum seni terkenal yang didirikan pada tahun 1852 (lihat situs web resminya)

Dari Ajaccio, Anda bisa melakukan perjalanan ke Iles Sanguinaires (Kepulauan Darah). Kepulauan ini terdiri dari empat pulau. Pulau-pulau ini di masa lalu merupakan tempat persembunyian para bajak laut. Kepulauan Darah paling indah saat matahari terbenam.

Pantai dan kawasan pejalan kaki

Langsung di Ajaccio Anda akan menemukan tiga pantai, yang bukan termasuk yang terindah di Corsica, tetapi sudah pasti cukup untuk penyegaran selama pariwisata perkotaan. Yang utama adalah Plage Trottel di selatan Ajaccio, yang merupakan yang paling luas dan di mana Anda akan menemukan restoran kecil, kamar mandi, dan toilet.

Di bagian tengah, tepat di bawah benteng, Anda dapat berenang di Plage Saint-Francois, yang berkelok-kelok seperti jalan sempit berkerikil dan berpasir di bawah Bd Pascal Rossini, kawasan pejalan kaki yang paling terkenal dan dipenuhi dengan restoran.

Di sebelah timur Ajaccio, dekat bandara setempat, terdapat Plage du Ricantu, sepanjang lebih dari 3,5 km, dengan air jernih nan indah yang sudah melampaui batas kota.

Akomodasi

Ajaccio jelas merupakan kota yang harus Anda singgahi setidaknya selama 1 malam, dan juga bisa menjadi basis ideal untuk perjalanan di sepanjang pantai barat jika Anda lebih suka tinggal di kota. Di kota ini Anda juga akan menemukan hotel-hotel besar, termasuk jaringan hotel multinasional, yang jarang ditemukan di seluruh Corsica.

Harga rata-rata per malam di musim panas adalah antara 92 euro dan 147 euro per kamar, yang berada di atas harga rata-rata di Korsika.

Kami juga menyertakan kiat-kiat mengenai akomodasi tertentu untuk memudahkan Anda menemukan jalan.

Transportasi

Parkir

Jika Anda pergi ke Ajaccio dengan mobil, Anda akan menemukan banyak tempat parkir umum di sepanjang kawasan pejalan kaki di tepi pantai dekat pelabuhan dan dekat dengan pusat kota. Parkir hanya gratis di zona hijau di pinggiran kota dan hanya selama 45 menit. Di pusat kota, Anda biasanya membayar parkir sebesar 0,50 euro.

Bus angkutan umum

Transportasi umum di Ajaccio dilayani oleh sekitar 9 rute bus yang mencakup seluruh kota dan sekitarnya. Tiket dapat dibeli di agen koran atau dari supir bus dengan uang tunai.

  • 1 euro - 1 jam, berlaku untuk jalur 1, 2, 3, 4, 7, B
  • 2,20 euro - 1 jam, berlaku di jalur 5 "Navette des Plages", jika dibeli dari pengemudi 3 euro
  • 6 euro - 1 jam, berlaku di jalur 8 menuju bandara

Alternatifnya adalah dengan membeli karcis 10 tiket seharga 9 euro, hanya berlaku di jalur reguler 1, 2, 3, 4, 7, B

Informasi resmi dapat ditemukan di situs web perusahaan transportasi mobilite.muvitarra.fr.

Bus dan kereta antarkota

Terminal bus utama terletak di dekat pelabuhan dan bus berangkat dari sana ke seluruh penjuru Corsica. Stasiun kereta api hanya berjarak beberapa puluh meter di sebelah utara stasiun bus.

  • Terminal bus - peta
  • Stasiun kereta api - peta

Destinasi yang dapat diakses dari Ajaccio dengan transportasi umum (untuk jadwal bus: isula.corsica, untuk jadwal kereta api: cf-corse.corsica):

  • Bastia: 4-6 kali sehari dengan kereta api, waktu tempuh 4 jam, biaya sekitar 22 euro
  • Bonifacio: 2-3 kali sehari dengan bus M1, perjalanan memakan waktu 3,5 jam, biaya sekitar 16 euro dan Anda harus berganti bus di Scupet
  • Porto-Vecchio: 2-3 kali sehari dengan bus M1 dan sekali sehari dengan bus M5, waktu tempuh 3,5 jam, dengan biaya sekitar 16 euro
  • Figari: 2-3 kali sehari dengan bus M1, waktu tempuh 3 jam, biaya sekitar 12 euro
  • Propriano: 2-3 kali sehari dengan bus M1, waktu tempuh 1,3 jam, biaya sekitar 8 euro
  • Calvi: 2 kali sehari dengan kereta api, waktu tempuh 3 jam, biaya sekitar 26 euro dan Anda harus berganti kereta di stasiun U Ponte á a Leccia
  • Corte: 4-6 kali sehari dengan kereta api, membutuhkan waktu 1,5 jam, biaya sekitar 12 euro
  • Ota: 1-2 kali sehari dengan bus M2, 2,5 jam, dengan biaya sekitar 8 euro

Apa yang bisa dilihat di sekitar

Temukan semua tempat yang dapat dikunjungi di %tempat%.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.