Berkeliling di Corsica

Corsica

Corsica bukanlah tujuan wisata pantai yang biasa dimana Anda menghabiskan seluruh liburan Anda di satu tempat. Korsika adalah pulau yang dibuat untuk menjelajahi keindahan alam dan desa-desa pegunungan kuno.

Baca terus untuk mengetahui tips tentang cara terbaik untuk berkeliling Korsika.

Dengan mobil

Mobil adalah cara paling ideal untuk berkeliling Korsika. Jika Anda tidak membawa mobil sendiri, Anda akan menemukan banyak agen penyewaan mobil di pulau ini di mana Anda dapat menyewa mobil.

Bandingkan harga sewa mobil di Corsica

Karena bepergian dengan mobil adalah moda transportasi yang paling umum di Corsica, kami telah menyiapkan bagian terpisah tentang penyewaan mobil, tetapi Anda juga dapat menemukan informasi tentang lalu lintas, peraturan lalu lintas atau harga bensin. Bab ini juga akan berguna bagi mereka yang datang dengan mobil.

Dengan kereta api atau "TGV Korsika"

Pengalaman perjalanan yang menarik ditawarkan oleh kereta api unik yang menghubungkan Bastia dan Ajaccio, dengan jalur cabang ke Calvi, yang, karena medannya yang terjal, dirutekan dengan sangat berani di beberapa tempat.

Bagian yang paling menarik adalah antara Corte dan Vizzavona. Dalam jarak yang relatif pendek ini, terdapat lebih dari 30 terowongan dan hampir 80 jembatan.

Naik kereta api melalui Corsica adalah salah satu kegiatan yang paling indah. Pemandangannya benar-benar luar biasa, dan kecepatan kereta yang melintasi pegunungan tengah sangat rendah sehingga Anda benar-benar dapat menikmati pemandangan sepenuhnya.

Ironisnya, karena kecepatan rata-rata yang rendah, kereta lokal dijuluki 'TGV Korsika' yang diambil dari nama kereta api berkecepatan tinggi legendaris yang membajak rel di daratan Prancis.

Harga tiket dan di mana membelinya?

Tiket kereta Korsika tidak dapat dibeli secara online, tiket selalu dapat dibeli di stasiun atau dari kondektur jika tidak ada kantor tiket atau mesin di stasiun. Harganya relatif tinggi dan contohnya diberikan di bawah ini:

  • Ajaccio - Bastia - sekitar 22 euro
  • Bastia - Corte: sekitar 10,50 euro
  • Ajaccio - Calvi - sekitar 25 euro

Untuk daftar harga lengkap, silakan kunjungi situs web Kereta Api Korsika: cf-corse.corsica/tariffs.

Jadwal dan frekuensi layanan

Kereta api di jalur utama antara Bastia dan Ajaccio beroperasi rata-rata 5 kali sehari, 3-4 kali sehari pada akhir pekan dan hari libur. Jalur cabang ke Calvi, yang terpisah dari koridor utama di Ponte Leccia, beroperasi 1-2 kali sehari.

Di sekitar kota-kota terbesar Ajaccio, Bastia dan Calvi, kereta api pinggiran kota yang lebih sibuk beroperasi di ruas-ruas ini:

  • Ajaccio - Mezzana
  • Bastia - Casamozza
  • Calvi - Ile Rousse

Jadwal juga dapat ditemukan di situs web perusahaan kereta api: cf-corse.corsica/horaires.

Setiap layanan memiliki kolomnya sendiri dalam jadwal ini, di bagian awal terdapat catatan tentang hari-hari keberangkatannya:

  • TLJ = berjalan setiap hari
  • SF SDF = beroperasi dari Senin hingga Jumat, tidak pada hari libur nasional
  • SF DF = beroperasi dari Senin hingga Sabtu, tidak beroperasi pada hari libur nasional
  • SF Sa = beroperasi setiap hari termasuk hari libur kecuali hari Sabtu ketika tidak beroperasi
  • SA DF = beroperasi hanya pada hari Sabtu dan Minggu

Dengan bus

Beberapa perusahaan mengoperasikan rute bus di Korsika, namun jaringan busnya cukup jarang dan sebaiknya Anda tidak mengandalkannya.

Anda hanya bisa pergi ke desa-desa terbesar dengan bus, dan biasanya tidak lebih dari 2-3 kali sehari. Sebagian besar tempat wisata di pegunungan tidak dilayani oleh bus sama sekali, dan sebagian besar pantai di luar kota juga tidak dilayani oleh transportasi umum.

Demi kejelasan, sebuah situs web pribadi, corsicabus.org, telah dibuat yang mencoba merangkum semua perusahaan bus yang beroperasi di Korsika ke dalam bentuk jadwal yang seragam.

Layanan utama biasanya selalu diperbarui oleh situs web, tetapi ada baiknya Anda memeriksa setiap jadwal secara terpisah untuk melihat kapan jadwal tersebut terakhir diperbarui.

Tiket selalu dibeli dari pengemudi, dan pra-penjualan online tersedia dari beberapa perusahaan, lihat di bawah.

Harga indikatif untuk beberapa rute populer:

  • Ajaccio - Sartene: 8 euro
  • Ajaccio - Bonifacio: 20 euro
  • Ajaccio - Porto Vecchio: 20 euro
  • Ajaccio - Piana: 12 eur
  • Bastia - Porto Vecchio: 24 eur
  • Bastia - Saint-Florent: 10 eur
  • Calvi - Porto: 18 eur

Beberapa perusahaan bus:

  • Collectivité de Corse - Jaringan bus umum dari Ajaccio di sepanjang pantai barat sejauh Bonifacio dan utara ke resor Porto / Ota
  • Autocars de l'Île de Beauté - yang menghubungkan Ajaccio dan Porto/Ota, dari sana dilanjutkan ke Calvi. Jalur ini juga membentang dari Calvi ke Evisa
  • Balesi Evasion - koneksi langsung dari Ajaccio ke Porto-Vecchio melalui jalur pegunungan Bavella
  • Corsicar - jalur langsung Bastia - Ile Rousse - Calvi dan Bastia - Calenzana
  • Rapides Bleus - jalur dari Bastia ke Porto-Vecchio dan jalur musiman dari Porto-Vecchio ke pantai Santa Giulia

Selain itu, di Ajaccio dan Bastia Anda juga bisa menggunakan bus angkutan umum:

Bagaimanapun, bepergian dengan bus adalah tambahan opsional dan harus menjadi pilihan terakhir.

Bersepeda

Di Korsika, bersepeda di jalan raya, bersepeda gunung yang santai, dan bersepeda menuruni bukit yang ekstrem dapat dinikmati. Tempat-tempat di Korsika yang cocok untuk bersepeda antara lain Castagniccia, Casinca, Cap Corse, pegunungan di pedalaman, Alta Rocca, La Balagne, dan pantai barat antara Porto dan Calvi atau Ajaccio dan Propriano.

Ada beberapa perusahaan penyewaan sepeda di pulau ini, misalnya: Bcyclet Corse, Bike-Rental-Corsica, Wild Machja.

Sepeda motor

Jalanan Korsika yang penuh dengan tikungan adalah tujuan favorit bagi banyak pengendara sepeda motor. Sepeda motor juga dapat disewa secara lokal, misalnya melalui Rentalmotorbike atau Bike-Rental-Corsica.

Menumpang

Menumpang di Corsica tidak menjadi masalah, Anda biasanya tidak akan menunggu lebih dari lima belas menit. Dalam banyak kasus, Anda akan dihentikan oleh mobil pertama. Menumpang adalah fenomena yang cukup luas di Korsika, jika hanya karena banyaknya turis dan buruknya aksesibilitas dengan transportasi umum.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.