Bonifacio

Bonifacio di Corsica

Bonifacio adalah sebuah kota abad pertengahan berbenteng yang terletak di atas tebing putih kapur di ujung paling selatan Corsica. Kota ini hanya berjarak 12 km dari Sardinia dan oleh karena itu menjadi salah satu pelabuhan utama untuk kapal feri dari pulau Italia ini.

Bonifacio merupakan resor wisata yang populer dengan fasilitas lengkap dan banyak atraksi. Dalam bahasa Korsika, kota ini disebut Bunifaziu atau juga Bonifacio.

Bonifacio memiliki sejarah yang panjang dan kaya, yang memungkinkannya untuk melestarikan sejumlah besar monumen dan atraksi, menjadikannya salah satu kota tertua di Korsika.

Benteng Genoa

Fitur dominan dari Bonifacio adalah benteng besar yang berdiri di tengah-tengah tebing putih sehingga memiliki pemandangan laut yang strategis. Dibangun pada abad ke-9 pada masa Republik Genoa, benteng ini hancur total pada tahun 1553, namun kemudian dibangun kembali dan dimodernisasi secara bertahap. Benteng ini melindungi seluruh pusat bersejarah La Haute Ville, yang terletak di tebing setinggi 70 meter.

Sepasang tangga mengarah dari pelabuhan Bonifacio ke benteng: St Roch dan Rastello.

Dinding benteng menawarkan pemandangan tebing yang paling indah dari tebing yang tampak eksotis, sementara bagian dalam benteng sekarang dipenuhi dengan pusat bersejarah dengan jalan-jalan sempit yang teduh dan restoran yang sangat baik. Tiket masuk ke benteng ini gratis, dan museum kecil di dalam benteng seharga 3,50 euro.

Pintu masuk ke pelabuhan yang sempit dan terlindung dilindungi oleh tebing, bersama dengan mercusuar Madonetta yang fotogenik, yang dapat dilihat dengan baik dari tepi barat semenanjung tempat pusat bersejarah ini berada.

Tangga Raja Aragon

Salah satu pemandangan paling terkenal di seluruh Corsica adalah Tangga Raja Aragon (Escalier du Roi d'Aragon), yang diukir di tebing batu kapur dan menurun dengan sudut 45° dari pusat bersejarah dan benteng hingga hampir mencapai permukaan laut.

Legenda mengatakan bahwa tangga ini diukir di batu pada tahun 1420 oleh tentara Aragon selama pengepungan dalam satu malam, tetapi sebenarnya tangga ini dibangun oleh para biarawan Fransiskan selama berbulan-bulan dan tujuannya adalah untuk memberikan akses dari biara langsung ke gua dengan air tawar.

Sebanyak 187 anak tangga turun hanya beberapa meter di atas permukaan laut, dari situ Anda bisa mengikuti jalur horizontal sepanjang 400 meter menuju gua yang sekarang kering. Jalur yang sama kemudian akan membawa Anda kembali ke atas. Kunjungan ke Aragon Steps jangan sampai terlewatkan, karena Anda akan disuguhi pemandangan spektakuler tebing dan pusat bersejarah.

  • Pintu masuk ke tangga: 5 euro
  • Total waktu kunjungan: sekitar 30-40 menit

Jalan-jalan di sepanjang tebing

Tebing batu kapur putih yang indah dan bergerigi liar membentang dari Bonifacio lebih jauh ke selatan ke Capo Petrusato dengan pantai berbatu kecil Saint-Antoine dan mercusuar Fanale di Petrusato.

Dari pusat Bonifacio ke tanjung, terdapat jalan setapak sepanjang 4 km (sekali jalan) yang sebagian besar berada di sepanjang tebing dengan pemandangan yang indah, terutama saat matahari terbenam (lihat peta rute). Kira-kira setengah jalan menuju Tanjung Petrusatu, Anda dapat mencapainya dengan mobil di jalan aspal.

Akomodasi Bonifacio

Kota ini merupakan pangkalan populer untuk berkeliling Corsica selatan dan tempat yang bagus untuk menginap. Harga hotel biasa di sini sekitar 110 euro 128 euro, tetapi Anda juga bisa menemukan apartemen pribadi dengan harga sekitar 73 euro per malam.

Kami juga menambahkan tips untuk beberapa akomodasi tertentu:

  • L'Escale - wisma pribadi kecil dengan fasilitas sederhana namun bersih tepat di pelabuhan
  • Hôtel A Madonetta - hotel modern 3* yang bagus dan modern, dapat dicapai dengan berjalan kaki singkat dari pelabuhan dengan tempat parkir tertutup, ideal untuk wisatawan yang membawa mobil
  • Faro di Capo Testa - apartemen pribadi berperingkat teratas yang terletak tepat di pusat benteng
  • Hotel Colomba - hotel romantis tepat di pusat bersejarah Bonifacio, hanya dengan berjalan kaki singkat dari Aragon Steps

Cara menuju ke sana

Bonifacio terletak di bagian paling selatan Corsica dan jalan pesisir T10 dan T40 berakhir di sini. Di Bonifacio, Anda hanya bisa parkir di tempat parkir resmi untuk turis di pelabuhan dan di semenanjung yang memiliki pusat bersejarah. Tempat parkir mobil ditandai dengan jelas dan Anda dapat membayar 0,70 euro untuk 15 menit, atau antara 19 euro dan 20 euro untuk satu hari penuh.

Transportasi umum ke Bonifacio hanya menggunakan bus:

  • Ajaccio: 2-3 kali sehari jalur M1 dengan pergantian di Scupet, perjalanan memakan waktu sekitar 3,5 jam dengan biaya 16 euro, lihat jadwal: corsicabus.org
  • Porto Vecchio: 2-3 kali sehari, perjalanan memakan waktu 30 menit dengan biaya sekitar 2 euro, jadwal: corsicabus.org
  • Bastia: hanya dengan perubahan di Porto Vecchio

Ada juga bus lokal ke pantai Piantarella 6 kali sehari dengan biaya 5 euro sekali jalan.

Langsung dari Bonifacio ada feri ke pulau tetangga Sardinia, khususnya ke kota Santa Teresa Gallura.

Harga dengan mobil adalah 55 euro hingga 60 euro, pelayaran memakan waktu 1 jam dan perusahaan-perusahaan berikut menjalankan rute ini beberapa kali sehari: Corsica Ferries, Ichnusa Lines, Moby.

Anda dapat membandingkan harga dari berbagai perusahaan pelayaran dan membeli secara langsung, misalnya, di directferries.com.

Apa yang bisa dilihat di sekitar

Temukan semua tempat yang dapat dikunjungi di %tempat%.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.