Metro di Stockholm

Stockholm

Metro Stockholm menyediakan transportasi yang efisien, cepat, dan jelas di seluruh pusat kota dan pinggiran kota.

Untuk rute yang lebih jauh di luar pusat kota, metro dilengkapi dengan Pendeltåg dan kereta lokal, yang dijelaskan lebih rinci di bab Transportasi.

Memilih hotel di pusat kota Stockholm

Metro Stockholm dioperasikan oleh perusahaan transportasi SL, yang juga bertanggung jawab atas semua kereta api, bus trem, dan beberapa kapal feri (jalur 80-89). Informasi resmi, jadwal, dan pencarian koneksi dapat ditemukan di situs web sl.se.

Peta dan jalur metro

Jaringan metro Stockholm memiliki total 105 km jalur dan 3 jalur yang bercabang di ujung-ujungnya untuk membentuk total 7 rute dengan nomor berbeda.

Peta kereta bawah tanah resmi dapat dilihat di: sl.se/reseplaneringspartrafikkartor.

Jalur metro dibagi berdasarkan warna dan nomor rute.

Semua jalur metro bersilangan di stasiun T-Centralen, yang terletak tepat di tengah-tengah stasiun kereta api dan bus utama.

  • Biru - jalur ini membentang dari pusat kota (Kungsträdgården dan T-Centralen) ke arah timur laut, di mana jalur ini terbagi menjadi dua cabang di stasiun Västra skogen.
    • Jalur 10 - membentang dari pusat kota melalui distrik Sundbyberg menuju stasiun Hjulsta.
    • Jalur 11 - membentang dari pusat kota melalui Solna ke Akalla.
    • Setiap jalur memiliki interval 10 menit dan di bagian tengah, ketika kedua jalur berjalan bersamaan, frekuensinya menjadi 5 menit.
  • Merah - rute ini membentang dari utara ke selatan melalui pusat kota dan terbagi menjadi dua cabang di kedua ujungnya. Kedua jalur berjalan bersama melalui pusat kota di bagian Östermalmstorg - Liljeholmen.
    • Jalur 13 - membentang dari stasiun Ropsten melalui Gärdet (terminal feri jarak jauh), pusat kota dan Södermalm ke arah barat daya menuju stasiun Norsborg.
    • Jalur 14 - beroperasi dari stasiun Mörby Centrum melalui pusat kota dan Södermalm ke stasiun Fruängen.
    • Setiap jalur memiliki interval 10 menit dan di bagian tengah, ketika kedua jalur berjalan bersamaan, frekuensinya menjadi 5 menit.
  • Hijau - jalur ini menghubungkan pinggiran kota bagian barat dan selatan Stockholm. Jalur ini terbagi menjadi tiga cabang di stasiun Gullmarsplan di bagian selatan kota.
    • Jalur 17 - membentang dari stasiun Skarpnäck melalui pusat kota ke terminal Hässelby. Beberapa kereta berakhir di stasiun Gamla Stan, di mana Anda dapat berganti ke jalur 18 dan 19, yang melanjutkan rute yang sama.
    • Jalur 18 - membentang dari stasiun Farsta melalui pusat kota ke terminal Hässelby. Beberapa kereta berakhir di stasiun Gamla Stan, di mana Anda dapat berpindah ke jalur 17 dan 19, yang mengikuti rute yang sama.
    • Jalur 19 - selalu menjalankan seluruh rute dari stasiun Hagsätra ke terminal Hässelby
    • Di bagian umum, interval yang dihasilkan adalah 5 menit dan di masing-masing dari tiga cabang di selatan kota, frekuensinya bervariasi antara 10 dan 15 menit.

Karena metro Stockholm secara signifikan dilengkapi dengan kereta api dan trem, kami lampirkan di bawah ini peta lengkap transportasi kereta api di Stockholm.

Tiket metro

Tarif yang sama berlaku untuk metro seperti halnya untuk trem, bus, kereta api, dan kapal feri.

Anda dapat melakukan transfer antar semua alat transportasi dengan satu tiket.

Jenis tiket Masa berlaku Harga (dewasa) Harga (di atas 65 tahun dan di bawah 20 tahun)
Perjalanan tunggal 75 menit 42 sek 26 sek
Satu hari 24 jam 175 sek 110 sek
3 hari 72 jam 350 sek 220 sek
7 hari Dari pukul 0:00 pada hari pertama hingga pukul 4:30 pada hari kedua
setelah periode 7 hari
455 sek 290 sek

Untuk harga terkini, silakan kunjungi situs web resmi: sl.se/fares-tickets.

Bagaimana cara membeli tiket?

Anda dapat membeli tiket dengan tiga cara.

Aplikasi seluler SL

Cara termurah dan termudah adalah dengan menginstal aplikasi seluler SL. Tidak perlu registrasi yang rumit.

Setelah Anda membeli tiket, Anda harus mengaktifkannya dengan sekali klik dan selalu siapkan ponsel Anda saat bepergian. Tiket ditampilkan dalam bentuk kode QR yang harus Anda pindai di pintu putar ketika Anda memasuki metro.

Kode QR hanya akan dipindai ketika Anda naik.

Smart Card

Anda juga dapat menggunakan tiket fisik dalam bentuk kartu. Anda dapat mengisi ulang tiket yang berbeda pada kartu ini. Namun, hanya satu tiket yang dapat dimasukkan ke dalam kartu dalam satu waktu.

Seperti halnya ponsel Anda saat menggunakan aplikasi seluler, Anda harus selalu meletakkan kartu di pintu putar ketika memasuki metro.

Kekurangan dari kartu ini adalah adanya biaya tambahan sebesar 20 sek untuk menerbitkannya.

SL Smart Card hanya dapat dibeli di loket tiket di setiap stasiun metro atau di agen koran Pressbyrån. Mesin tiket tidak tersedia di mana pun.

Membayar dengan kartu nirsentuh Anda sendiri

Di Stockholm, Anda juga dapat membayar tarif dengan kartu Anda sendiri dengan cara yang sama seperti SL Smart Card. Anda selalu menempelkan kartu tersebut pada pintu putar ketika memasuki stasiun.

Namun, Anda hanya dapat membayar dengan kartu Anda sendiri untuk tarif tunggal 75 menit dengan harga 42 sek.

Di Stockholm, sayangnya, batas sepanjang hari tidak berlaku untuk bentuk pembayaran ini seperti yang berlaku di banyak kota lain. Jika Anda sering bepergian, Anda bisa membayar lebih mahal per harinya, yaitu 175 sek, yang merupakan harga tiket harian yang dibeli melalui aplikasi mobile atau Smart Card.

Jadwal - apakah metro beroperasi selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu?

Metro beroperasi dengan frekuensi yang sama setiap hari dengan setiap jalur beroperasi 10-15 menit tergantung waktu.

Namun, di area pusat, lebih banyak jalur yang selalu berjalan bersamaan, sehingga mengurangi interval akhir menjadi 5 menit.

Metro beroperasi terus menerus sepanjang malam hanya dari hari Jumat hingga Sabtu dan dari Sabtu hingga Minggu.

Pada hari-hari lainnya, kereta pertama meninggalkan termini antara pukul 4:50 dan 5:00 dan kereta terakhir biasanya berangkat sekitar pukul 0:30 sampai 0:45, sehingga sekitar pukul 1:00 sampai 1:15 kereta terakhir meninggalkan pusat kota menuju pinggiran kota.

Jadwal lengkap dapat dilihat di tautan ini: sl.linjetidtabeller.se.

Bagaimana fasilitas di stasiun?

Di beberapa stasiun metro, Anda akan menemukan mesin penjual otomatis yang menjual minuman dan makanan ringan, dan di sebagian besar stasiun, Anda juga akan menemukan agen koran Pressbyrån, minimarket 7-Eleven, atau kafe dan toko roti.

Toko-toko ini selalu berada di lobi sebelum Anda memasuki peron.

Toilet umum di stasiun tidak standar (kecuali di stasiun transfer utama T-Centralen).

Pintu masuk ke stasiun metro ditandai dengan huruf T berwarna biru, yang berasal dari nama Swedia untuk metro - Tunnelbana.

Seni dari Metro Stockholm

Metro Stockholm memiliki keunikan pada desain beberapa stasiunnya, yang menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia.

Setiap stasiun didekorasi dengan motif yang berbeda yang mengacu pada sejarah dan budaya Swedia atau Stockholm.

Stasiun-stasiun yang penuh warna dengan arsitekturnya yang unik ini sebagian merupakan karya seni dan sebagian lagi merupakan pengingat akan kondisi alam yang keras saat metro dibangun: stasiun-stasiun ini sering kali hanya memiliki dinding yang terbuat dari mesin, sehingga para penumpang dapat melihat pemandangan tebing-tebing berbatu.

Bandingkan harga penerbangan ke Stockholm

8 stasiun metro terbaik di Stockholm

Di mana tempat yang paling indah dan menarik untuk dikunjungi? Lihat peta, foto, dan deskripsi unik setiap stasiun.

T-Centralen (garis biru)

Stasiun menarik yang paling mudah diakses adalah T-Centralen. Sementara area stasiun T-Centralen di jalur Merah dan Hijau merupakan area yang biasa saja, stasiun di Jalur Biru adalah sebuah karya seni.

Stasiun ini diwarnai dengan warna biru muda dan putih yang menenangkan dan motifnya menggambarkan tanaman merambat. Di ruang depan bagian atas, dindingnya menggambarkan siluet para pekerja yang sedang mengerjakan konstruksi metro.

Lantai stasiun didesain untuk memberikan tampilan kubus 3D berwarna cokelat, putih, hitam dan hijau apabila dilihat dari jarak dekat.

Tampilan salah satu stasiun tersibuk di Stockholm ini sengaja dibuat dengan warna-warna yang damai agar kontras dengan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Solna Center

Bisa dibilang sebagai stasiun yang paling terkenal, skema warna merah dan hijau yang berani menggambarkan aspek pedesaan Swedia. Solna centrum juga terletak di garis biru.

Warna hijau melambangkan hutan yang tak berujung, sedangkan warna merah melambangkan matahari yang terbenam di cakrawala. Selain itu, terdapat pula lukisan yang menggambarkan pemandangan khas pedesaan seperti memetik buah cranberry atau bekerja di ladang.

Namun, lukisan-lukisan ini juga memiliki konteks sosial-politik dan menggambarkan masalah-masalah yang mendesak di pedesaan Swedia pada tahun 1970-an ketika stasiun ini dibuat. Anda akan melihat penggambaran deforestasi drastis atau depopulasi pedesaan.

Salah satu simbol ikonik stasiun ini adalah patung rusa dalam kotak kaca.

Kungsträdgården

Stasiun terakhir Blue Line yang berada tepat di tengah-tengah adalah salah satu yang paling unik dengan desain yang agak liar.

Beberapa bagian dinding dibiarkan dalam keadaan yang sama sekali tidak dikerjakan, menunjukkan batuan asli tempat metro Stockholm digali.

Namun, sebagian besar stasiun didekorasi dengan kombinasi warna yang liar dan patung-patung tiruan. Warna dan pahatannya mengingatkan kita pada warna taman barok asli Kungsträdgården, yang terletak di area di atas stasiun saat ini.

Selama pembangunan metro, banyak elemen arkeologi yang ditemukan, yang menjadi acuan pahatan tersebut.

Rådhuset

Stasiun Rådhuset juga berada di jalur biru. Sekilas, stasiun ini memiliki desain yang bersih dan sederhana dan dibalut dengan warna merah muda yang sangat lembut.

Namun, jika Anda melihat lebih dekat pada dinding stasiun, Anda akan menemukan banyak detail yang mengingatkan Anda pada peninggalan bersejarah dari daerah yang berada tepat di atas stasiun.

Di langit-langit di bagian tengah peron, misalnya, Anda akan menemukan pahatan dua sepatu pengrajin atau banyak keranjang dari Hantverkargatan, yang merupakan pusat pengrajin di masa lalu dan terletak tepat di atas stasiun.

Di pintu keluar eskalator, langit-langitnya ditopang oleh dasar cerobong asap pabrik, yang sangat banyak ditemukan di area ini pada abad ke-19 dan ke-20.

Stadion

Setiap musim panas, stadion Östramalms IP, yang berada di dekat stasiun "Stadion" di Jalur Merah, menjadi tempat diselenggarakannya festival Stockholm Pride.

Oleh karena itu, langit-langit stasiun berwarna biru muda ini dihiasi dengan pelangi, lambang khas komunitas LGBT.

Tekniska Högskolan

Stasiun di Jalur Merah dekat Universitas KTH yang terkenal ini adalah sebuah penghargaan untuk penemuan ilmiah.

Fitur yang paling mencolok dari stasiun ini adalah lima polihedron yang menggantung yang mewakili lima jenis benda material Plato: api, air, udara, tanah, dan eter

Tensta

Hampir sampai di ujung salah satu cabang Jalur Biru (rute nomor 10), kunjungi stasiun Tensta yang dihiasi dengan lukisan daun dandelion dan hewan yang dipadukan dengan patung-patung hewan kecil.

Para seniman sengaja menggambarkan spesies hewan dari seluruh dunia di dinding stasiun, karena para imigran dari berbagai negara pindah ke perumahan Tensta selama pembangunan metro pada akhir 1960-an dan awal 1970-an.

Mörby Centrum

Stasiun pemberhentian salah satu cabang utara Jalur Merah (nomor 14) ini lebih menyerupai toko permen daripada stasiun pemberhentian metro dengan warna-warni dan dekorasi keramik pelangi.

Warnanya tidak mencolok dan didominasi oleh warna merah muda dan putih. Namun, jika Anda perhatikan lebih dekat, dinding dan langit-langitnya sedikit berubah warna tergantung dari sisi mana Anda melihatnya. Dari satu sisi, dinding dan langit-langit tampak berwarna abu-abu dengan sedikit warna merah muda, sementara dari sisi lain tampak putih dengan elemen abu-abu kehijauan.

Ilusi ini dimaksudkan untuk melambangkan perubahan lanskap ketika bepergian dengan kereta api (bagian selatan Jalur Merah berada di atas kepala).

Peta stasiun-stasiun yang menarik

Untuk mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang lokasi stasiun-stasiun yang paling menarik di Stockholm, kami telah menyiapkan peta metro Stockholm yang telah dimodifikasi.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.