Transfer di Bandara Shenzhen

Shen Chen

Bandara Shenzhen memiliki satu terminal yang sangat besar dan menarik secara arsitektur yang dibuka pada tahun 2013 sebagai "Terminal 3" karena sampai saat itu bandara ini memiliki Terminal A, B dan D.

Pada tahun 2013, Terminal A, B dan D ditutup dan hanya menyisakan Terminal 3 yang sekarang, yang tidak diganti namanya.

Terminal 3 juga memiliki bangunan satelit di tengah area bandara, yang dapat dicapai dengan kereta bawah tanah otomatis. Namun, ini hanya bagian gerbang keberangkatan dan check-in untuk semua penerbangan - domestik dan internasional - dilakukan di gedung utama Terminal 3.

Lihat hotel di dekat terminal

Orientasi di bandara ini sangat mudah dan papan penunjuk arahnya jelas. Datanglah setidaknya 2,5 jam sebelumnya untuk keberangkatan, terutama karena besarnya bandara.

Transfer antar penerbangan

China Southern Airlines dan Shenzhen Airlines, khususnya, menjadikan bandara ini sebagai pusat transfer yang penting.

Bandara Shenzhen merupakan salah satu bandara transfer yang paling nyaman di Cina, terutama karena hanya memiliki satu terminal.

Pemeriksaan apa saja yang harus saya lakukan saat berganti pesawat?

Cari tahu prosedur apa saja yang harus Anda lalui selama transfer.

  • Internasional -> Internasional: pemeriksaan keamanan
  • Internasional -> domestik: pemeriksaan imigrasi dan keamanan
  • Domestik -> Internasional: pemeriksaan imigrasi dan keamanan
  • Nasional -> nasional: tidak ada pemeriksaan

Rute dari Shenzhen ke Taiwan juga termasuk dalam penerbangan internasional.

Apakah saya harus meninggalkan zona transit?

Jika Anda memiliki bagasi sampai ke tempat tujuan atau hanya membawa tas jinjing, Anda tidak perlu meninggalkan area transit.

Apakah saya harus mengambil bagasi saya?

Jika kedua penerbangan dipesan dalam reservasi yang sama dan Anda memiliki waktu kurang dari 24 jam untuk transfer, Anda tidak perlu mengambil bagasi Anda.

Apakah saya memerlukan visa untuk Tiongkok?

Anda tidak perlu mengurus visa untuk Tiongkok untuk transfer internasional.

Bebas visa untuk transfer dalam waktu 144 jam

Banyak maskapai penerbangan juga menawarkan singgah dalam waktu beberapa hari.

Bandara Shenzhen termasuk dalam program bebas visa masuk hingga maksimal 144 jam.

Setibanya di bandara, sebelum melewati imigrasi, carilah konter khusus untuk mengurus bebas visa ini.

Harap diperhatikan bahwa jika Anda transfer dalam waktu 24 jam, petugas mungkin menolak untuk mengeluarkan izin masuk bebas visa dan oleh karena itu Anda harus menghabiskan waktu di zona transit.

Untuk transfer lebih dari 24 jam, izin masuk bebas visa selalu dikeluarkan tanpa masalah. Namun, Anda harus menunjukkan tiket penerbangan Anda dari Tiongkok dan reservasi akomodasi Anda.

Dapatkah saya meninggalkan Cina melalui perbatasan darat?

Kedekatan bandara dengan Hong Kong dan Makau menarik minat wisatawan untuk membeli tiket murah ke Shenzhen, memanfaatkan bebas visa masuk selama 144 jam, dan naik kereta bawah tanah atau kapal ke kota-kota ini.

Sayangnya, untuk kasus ini, Anda tidak dapat menggunakan bebas visa 144 jam dan Anda harus mengurus visa ke Cina terlebih dahulu di kedutaan.

Jika Anda menggunakan bebas visa masuk, Anda harus meninggalkan Cina lagi melalui jalur udara dari bandara Shenzhen, Guangzhou atau Jieyang.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.