Apa yang harus dilakukan di Gozo

Gozo

Banyak orang hanya pergi ke Gozo sebagai bagian dari perjalanan sehari, di mana mereka hanya bisa melihat atraksi dasar yang ditawarkan pulau ini. Namun, Gozo menawarkan banyak kegiatan menarik yang akan membuat Anda sibuk selama berhari-hari.

Temukan akomodasi di Gozo

Pantai dan berenang

Meskipun Gozo bukan tujuan wisata pantai yang terkenal, ada sesuatu untuk semua orang yang suka berenang di laut dan berjemur di pantai. Pantai di sini hanya sedikit dan bukan yang terbesar, tetapi Anda akan menemukan semua jenis pantai yang bisa Anda bayangkan.

Pantai-pantai di Gozo sebagian besar lebih alami dengan fasilitas wisata yang lebih sedikit. Anda hanya akan menemukan kios-kios makanan kecil di sebagian besar pantai, dan hampir semuanya berada di pedesaan yang jauh dari pusat kota.

Di pantai-pantai yang lebih besar, Anda dapat menyewa kursi berjemur dan payung dengan harga sekitar 15 euro untuk satu set kursi berjemur.

Pantai berpasir dan pantai yang ideal untuk anak-anak diwakili oleh salah satu pantai terindah di seluruh Malta - Teluk Ramla.

Sebagian besar pantai lainnya akan menyenangkan para pecinta romantisme dan pecinta pemandangan alam yang indah serta snorkeling dan menyelam. Di antara pantai-pantai yang paling indah, Wied il-Ghasri atau Mgarr ix-Xini pasti yang paling indah.

Mendaki gunung

Di sepanjang pantai Gozo membentang apa yang disebut Gozo Coastal Walkjalur pendakian yang akan membawa Anda mengelilingi pulau. Keseluruhan rute ini memiliki panjang 50 kilometer dan dibagi menjadi 4 bagian yang lebih kecil yang ditandai dengan warna.

  • Merah - membentang dari pelabuhan Mgarr ke kota Xlendi, rutenya cukup sulit, dengan panjang 12 km. Sepanjang jalan Anda akan dapat mengagumi tebing-tebing tertinggi yang dapat ditemukan di Gozo, termasuk Tebing Sanap.
  • Biru - berlanjut dari Xlendi ke San Lawrenz. Rute ini memiliki panjang 11 km dan sekali lagi dianggap cukup menantang. Anda akan mencapai Teluk Dwerja, di mana Jendela Biru yang sekarang sudah runtuh berada.
  • JalurHijau - yang mengarah dari San Lawrenz ke Marsalforn dianggap sebagai jalur termudah, dengan panjang sekitar 11 km. Jangan berharap ada perubahan ketinggian yang besar di sini, jadi rute ini juga cocok untuk keluarga dengan anak kecil. Anda akan berjalan di sepanjang garis pantai utara yang tenang, menikmati Teluk Wied Il-Għasri dan mencapai ladang garam yang populer di akhir rute.
  • Kuning - dianggap sebagai bagian yang paling menantang. Jalur ini mengarah dari Marsalforn kembali ke Mgarr. Panjangnya 16 km dan Anda akan menemukan beberapa bagian yang menanjak di sepanjang jalan. Rute ini membawa Anda ke pantai-pantai yang tidak begitu terkenal dan sudut-sudut tersembunyi.

Sebagian besar Gozo Coastal Walk berada di jalan raya, tetapi lalu lintasnya tidak terlalu padat.

Menyelam dan snorkeling

Gozo adalah salah satu tempat menyelam paling populer di Mediterania. Tempat ini menawarkan banyak kesempatan menyelam bagi para penggemar pemula dan penyelam yang lebih berpengalaman.

Laut di sini biasanya tenang, jarak pandang sangat baik dan suhu laut tidak pernah turun di bawah 13°C. Ada banyak tempat di daratan di mana Anda dapat memulai penyelaman, jadi tidak perlu pergi ke laut.

Salah satu tempat menyelam yang paling populer adalah Blue Hole di Dwejra Bay, yang memiliki lengkungan bawah laut yang mengarah ke laut lepas. Menyelam juga tersedia di sekitar Xlendi, Ta' Cenc, Marsalforn, dan Mġarr ix-Xini Bay.

Seluruh pesisir utara merupakan area yang sangat populer dengan banyak gua bawah laut.

Contoh pusat penyelaman:

Berapa harganya?

  • Sekolah pemula: 80 euro untuk satu jam dan satu kali menyelam (biasanya 3 kali menyelam)
  • Kursus Menyelam Scuba Lengkap: sekitar 300 euro

Selain scuba diving, Gozo menawarkan lebih banyak kesempatan untuk snorkeling . Anda dapat mengenakan kacamata, snorkel, dan fin hampir di mana saja yang memiliki akses ke laut dan Anda tidak akan pernah kecewa. Tempat terbaik adalah teluk-teluk sempit berlekuk yang dipimpin oleh Wied il-Ghasri atau teluk di lepas pantai kota Xlendi.

Anda bisa membeli peralatan snorkeling seharga 20 euro di toko-toko di tepi pantai atau di pusat kota.

Bersepeda

Bersepeda sangat populer di Gozo, tidak hanya di kalangan turis tetapi juga di kalangan penduduk setempat.

Jadi, sewalah sepeda setidaknya selama 1 hari dan lihatlah pulau ini dari sudut pandang yang berbeda. Waktu terbaik untuk bersepeda adalah dari bulan Oktober hingga Mei, saat suhu udara sedang bagus dan lalu lintas di jalan tidak terlalu padat. Sebagai bagian dari program SIBIT di bawah naungan Uni Eropa, sebuah rute telah dibuat di Gozo untuk para pesepeda. Rute ini memiliki panjang 42 kilometer dan dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 3 jam tanpa berhenti.

Contoh pusat penyewaan sepeda:

Harga normal untuk penyewaan sepeda satu hari dengan helm dan kunci adalah sekitar 12 euro. Untuk penyewaan beberapa hari, harga per harinya sedikit lebih rendah.

Perjalanan dengan perahu dan olahraga air

Gozo juga menawarkan olahraga air dan pesiar laut. Jelajahi garis pantai dengan kayak, nikmati perjalanan liar dengan jet ski, cobalah ski air atau naik perahu kayuh bersama keluarga.

Perjalanan ke pulau tetangga, Comino, yang merupakan rumah bagi Blue Lagoon yang terkenal dengan airnya yang jernih, atau berlayar mengelilingi Gozo dengan beberapa pemberhentian untuk snorkeling dan berenang juga sangat populer.

Biaya pesiar setengah hari sekitar 35 euro, dengan makan siang dan minuman seharga 45 euro. Pelayaran sehari penuh mulai dari sekitar 50 euro. Contoh perusahaan pelayaran Gozo:

Pemandangan dan sejarah

Penggemar sejarah tidak boleh melewatkan Kuil Ġgantija di Gozo, sebuah monumen yang bahkan terdaftar di UNESCO.

Basilika Ta'Pinu dan Cittadella yang terkenal juga wajib dikunjungi, begitu juga dengan banyak gereja Barok yang menghiasi pusat kota Victoria.

Budaya dan festival

Gozo adalah rumah bagi berbagai macam acara budaya sepanjang tahun. Yang paling terkenal adalah karnaval lima hari di bulan Februari atau Maret, diikuti dengan festival musik klasik musim semi Gaulitana.

Dari akhir Mei hingga pertengahan September ada banyak festival desa, yang secara tradisional disebut festa. Setiap kota mengadakan festival tahunan untuk santo pelindungnya, bangunan-bangunan dihias, band-band berbaris di jalanan dan semua bersenang-senang.

Pada bulan September Anda dapat menikmati Festival Rakyat Internasional Qala, dan pada bulan Oktober Anda tidak dapat melewatkan Festival Mediterranea, yang memperkenalkan sejarah dan tradisi Gozo.

Jika Anda pencinta opera, jangan lewatkan kunjungan ke gedung opera Astra dan Aurora di Victoria.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.