Cuaca di Gozo dan waktu terbaik untuk pergi

Gozo

Gozo adalah tujuan wisata yang populer sepanjang tahun, dengan setiap musim membuka peluang aktivitas yang berbeda. Cuaca di Gozo sangat mirip dengan negara tetangganya, Malta. Musim panas di Gozo cenderung sangat hangat, sementara musim dinginnya sejuk.

Bulan terdingin adalah Januari, sedangkan bulan terhangat adalah Juli dan Agustus. Peluang curah hujan terbesar adalah pada bulan Desember. Tahun ini dibagi menjadi 4 musim.

Cuaca dan suhu sepanjang tahun

Seperti inilah cuaca di Malta pada waktu yang berbeda sepanjang tahun.

Musim dingin

Januari, Februari, dan Maret disebut sebagai musim dingin di Gozo. Ini adalah waktu yang tepat untuk hiking.

Seluruh pulau bermekaran, alam bangun, bukit-bukit dihiasi dengan tanaman hijau dan bunga-bunga berwarna-warni dari flora lokal. Meskipun Januari dianggap sebagai bulan terdingin, Anda masih bisa mengharapkan suhu rata-rata sekitar 12°C. Namun, perlu diingat bahwa jika matahari bersinar, suhu akan terasa jauh lebih tinggi; pada hari yang cerah, Anda bisa berjalan-jalan hanya dengan mengenakan kaus oblong.

Pantai-pantai hampir kosong di musim dingin, dan para pemberani dapat menikmati bersantai di laut yang suhunya sekitar 16°C. Meskipun suhu lebih rendah, ini adalah waktu yang ideal untuk bersantai di pantai dan menikmati sinar matahari untuk pertama kalinya. Harga akomodasi sangat murah.

Musim semi

April, Mei dan Juni adalah bulan-bulan musim semi. Curah hujan berkurang secara signifikan, hari menjadi lebih panjang dan cuaca lebih stabil.

Suhu rata-rata sekitar 17°C pada bulan April, 19°C pada bulan Mei dan lebih dari 23°C pada bulan Juni.

Laut perlahan-lahan menghangat, dengan suhu naik hingga 22°C di bulan Juni. Oleh karena itu, musim semi adalah waktu yang ideal untuk bepergian, menjelajah, mendaki gunung, dan berenang di laut.

Hargaakomodasi masih sangat terjangkau dan jumlah pengunjung ke pulau ini perlahan-lahan meningkat, namun tidak perlu khawatir dengan keramaian.

Musim panas

Juli, Agustus, dan paruh pertama September merupakan musim ramai di Gozo.

Suhu tinggi sudah bisa diduga, dengan suhu rata-rata sekitar 27°C, namun suhu udara terasa jauh lebih tinggi.

Ini adalah periode ketika Anda akan menemukan sebagian besar wisatawan di Gozo, yang datang ke sini terutama untuk berenang, bersantai dan olahraga air. Bulan-bulan musim panas adalah tentang relaksasi, suhu tinggi, istirahat dan tidak terburu-buru.

Jika Anda lebih suka mendaki dan aktif menjelajahi tempat-tempat baru, pilihlah bulan-bulan lain. Sebaliknya, jika Anda penggemar budaya dan acara menarik, jangan lewatkan festival-festival lokal yang berlangsung sepanjang musim panas. Harga akomodasi mencapai puncaknya selama periode ini.

Musim gugur

Oktober, November, Desember disebut sebagai musim gugur.

Pada paruh kedua bulan September, para turis berangsur-angsur mulai menghilang dari Gozo, suasananya menjadi lebih tenang dan lebih santai setelah musim panas yang sibuk. Bulan Oktoberlah yang disebut banyak orang sebagai waktu terbaik untuk mengunjungi Gozo.

Alam mulai menghijau kembali, suhu rata-rata sekitar 21°C dan lautnya sangat hangat setelah musim panas, suhu rata-ratanya masih sekitar 24°C.

Para perenang, penjelajah kota, penggemar sejarah, dan pejalan kaki akan sangat senang.

Bulan November sedikit lebih dingin, dengan penurunan suhu terbesar pada bulan Desember, saat puncak musim hujan. Jika Anda berada di Gozo pada bulan Desember, pastikan Anda tidak melewatkan pertunjukan kelahiran Yesus yang dapat dicapai dengan berjalan kaki beberapa menit dari pelabuhan.

Tabel suhu sepanjang tahun

Gozo - Suhu harian rata-rata sepanjang tahun

Bulan
Cuaca
Udara
Air
Januari
hujan
15 °C
15 °C
Februari
cerah
15 °C
15 °C
Maret
cerah
17 °C
15 °C
april
cerah
19 °C
15 °C
mungkin
matahari
24 °C
18 °C
Juni
matahari
28 °C
21 °C
Juli
matahari
32 °C
26 °C
Agustus
matahari
32 °C
26 °C
september
matahari
29 °C
25 °C
Oktober
hujan
25 °C
24 °C
November
hujan
18 °C
19 °C
Desember
hujan
16 °C
17 °C

Kapan harus pergi ke Gozo

Kapan waktu yang tepat untuk pergi ke Gozo sangat bergantung pada alasan Anda datang ke sini. Jika Anda pergi ke Malta untuk berenang, berjemur di pantai, atau snorkeling, maka yang terbaik adalah pergi di musim panas, mengingat suhu lautnya. Bulan-bulan yang ideal adalah Juni dan September, ketika cuaca sudah cukup hangat, tetapi juga harga lebih rendah dan lebih sedikit turis daripada di liburan musim panas.

Temukan akomodasi di Gozo

Tidak suka berenang, tapi suka pemandangan indah yang sesekali bisa Anda kombinasikan dengan tamasya? Pergilah ke Gozo pada musim semi atau musim gugur, dan jika Anda tidak keberatan dengan risiko hujan, pergilah pada musim dingin. Anda pasti akan menikmati cuaca yang menyenangkan dan selalu lebih hangat daripada di sini.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.