Apa yang harus dilakukan di Lisbon

Lisbon

Lisbon adalah salah satu kota paling fotogenik dan beragam di Eropa.

Telusuri jalan-jalan sempit di pusat kota yang tersebar di berbagai bukit, rasakan suasana bar dan restoran setempat, di mana Anda dapat mendengarkan alunan melodi fado yang syahdu, dan lakukan perjalanan ke luar Lisbon menuju laut atau kota bersejarah lainnya.

Berapa biaya hotel di Lisbon? Cari tahu di booking.com sekarang

Pemandangan kota

Berkat medan di sekitar kota, Anda akan menemukan beberapa titik pandang (miradouro) dan Lisbon adalah salah satu kota terindah di Eropa dalam hal ini.

Ke mana harus pergi untuk mendapatkan pemandangan terbaik di Lisbon?

Beberapa yang paling indah dan terkenal antara lain:

  • Miradouro da Nossa Senhora do Monte - ideal untuk melihat matahari terbenam (google.com/maps)
  • Miradouro Padrao dos Descobrimentos - pemandangan dari tanggul di tepi Sungai Tejo di Jembatan 25 April atau Patung Kristus di Almada (google.com/maps)
  • Miradouro de Santa Catarina - pemandangan dari Bairro Alto di Lisbon barat dan Sungai Tejo (google.com/maps)
  • Miradouro de São Pedro de Alcântara - taman dengan pemandangan megah yang luar biasa langsung di atas Rossio Square (google.com/maps)
  • Miradouro das Portas do Sol - pemandangan terbaik dari distrik Alfama (google.com/maps)

Dan jika Anda tidak ingin mendaki, Anda dapat menggunakan sudut pandang di stasiun teratas lift Santa Justa, atau naik lift ke patung Cristo Rei di seberang sungai.

Mendengarkan alunan musik Fado

Jika Anda berada di Portugal, Anda harus mengunjungi setidaknya satu kali pub atau bar yang memainkan musik fado setiap malam.

Sebuah gaya musik murni Portugis dengan tradisi yang panjang, fado menampilkan melodi sendu dan melankolis yang diiringi gitar dengan lirik dalam bentuk balada yang menggambarkan cinta yang tidak bahagia dan kerinduan akan kejayaan Portugal yang telah memudar.

Fado berasal dari Lisbon pada awal abad ke-20, dan konsentrasi terbesar bar di mana Anda mungkin akan menemukan penyanyi dengan gitar berada di distrik Bairro Alto dekat pusat kota. Tempat ini mudah dicapai dengan lift Santa Justa atau kereta gantung Glória.

Naik trem kuning

Trem kuning tua milik Lisbon sama halnya dengan Menara Eiffel milik Paris. Trem-trem ini merupakan bagian integral dan salah satu ikon utama ibu kota Portugal.

Naiki salah satu dari tiga jalur yang dilalui trem (12, 25 dan 28). Anda bahkan tidak perlu membeli tiket khusus, Anda dapat menggunakan tiket yang berlaku selama 24 jam untuk semua jenis transportasi.

Idealnya, mulailah dari terminal agar Anda memiliki kesempatan untuk naik ke dalam trem, turunlah di titik tertinggi dari jalur tersebut dan berjalanlah menyusuri jalanan yang berkelok-kelok di sepanjang rel. Itulah satu-satunya cara untuk mendapatkan foto trem terbaik di lorong-lorongnya, yang cukup lebar untuk meniru dimensi satu kendaraan.

Berkeliaran tanpa tujuan

Jalan-jalan di Lisbon, yang berkelok-kelok curam ke atas sebelum turun kembali ke tepi sungai Tagus, mengundang Anda untuk berkelana tanpa tujuan yang jelas, mengoceh tentang masa lalu dan menenangkan pikiran.

Jangan berpikir, berjalan saja, resapi suasananya, Anda akan selalu mencapai tempat yang mudah untuk kembali, baik dengan berjalan kaki maupun dengan metro atau trem.

Wisata sehari ke daerah sekitar

Lokasi Lisbon yang strategis memungkinkan Anda untuk melakukan perjalanan sehari ke luar kota, baik untuk melihat pemandangan budaya atau alam.

Sintra - Kota terdekat yang dapat dicapai dengan kereta api kapan saja, memiliki pusat bersejarah yang indah, kastil, beberapa istana dan taman, semuanya dibingkai oleh lanskap hijau dan perbukitan yang indah. Perjalanan ke sini akan memakan waktu setengah hari hingga satu hari.

Samudra Atlantik - Meskipun sekilas terlihat seperti itu, Lisbon tidak berada langsung di atas laut, tetapi hanya di muara Sungai Tejo yang besar. Lautan terbuka berjarak sekitar 30 km. Pantai yang paling mudah diakses dapat ditemukan di kota Carcavelos, yang dapat dicapai dalam waktu setengah jam dengan kereta api, atau lebih jauh lagi di dekat Cascais, yang sulit dijangkau dengan transportasi umum.

Tanjung Roca - Titik paling barat daratan Eropa dapat ditemukan hanya 40 km dari Lisbon. Selain menyewa mobil, Anda dapat mencapai tempat ini dengan transportasi umum. Pertama, naiklah kereta api dari stasiun Cais do Sodré di Lisbon ke terminal di Cascais. Kereta pada rute ini beroperasi setiap 12 menit sekali dan perjalanannya memakan waktu 40 menit. Anda harus membeli tiket pulang pergi di stasiun dengan harga €4,50.

Dari stasiun Cascais (sekitar 200 meter ke arah kanan, melalui department store), bus nomor 403 beroperasi ke Cape Roca setiap setengah jam sekali. Perjalanan ke Cape Roca memakan waktu 22 menit dan Anda bisa membeli tiket seharga €2,50 dari supir bus. Bus 403 juga beroperasi dari Cabo da Roca ke kota bersejarah Sintra, di mana Anda juga bisa naik kereta api ke/dari Lisbon.

Pengalaman kuliner

Apakah Anda menyukai restoran kecil yang nyaman dengan beberapa meja, halaman atau taman kecil yang benar-benar jauh dari hiruk pikuk kota besar? Ditambah dengan makanan Portugis yang lezat dan yang terpenting adalah seni Portugis dalam menikmati makanan, dan tentu saja anggur, dan Anda akan mendapatkan malam yang indah di Alfama atau Barri Alto, distrik bersejarah di Lisbon. Anda akan menemukan ratusan pub serupa di sini.

Anda juga akan menemukan dua pasar makanan yang populer di Lisbon. Yang paling populer, Time Out Market, dapat ditemukan di dekat stasiun metro Cais do Sodré dan bersebelahan dengan Mercado da Ribeira yang klasik.

Di sini, wisatawan akan dipuaskan dengan 26 restoran, 8 bar, dan selusin toko - Anda akan menemukan banyak makanan dari koki terkenal (Alexandre Silva, Marlene Vieira, Miguel Castro e Silva, dan masih banyak lagi) dan berbagai macam hidangan khas Portugis dan internasional. Atau, Anda dapat mengikuti kursus memasak (informasi di situs web pasar) yang berfokus pada berbagai topik. Kursus memasak tersedia mulai pukul 10.00 hingga tengah malam, bahkan hingga pukul 02.00 di akhir pekan.

Pasar kedua, Pasar Campo de Ourique, lebih ditujukan untuk penduduk setempat dan terletak di jalur trem 28E. Jumlah restoran yang bisa dipilih jauh lebih sedikit, namun suasananya lebih tenang dan harganya sedikit lebih murah.

Kehidupan malam

Jika Anda lebih menyukai kegiatan di malam hari, Anda akan merasa seperti ikan di air di Lisbon. Kota ini menjadi hidup pada larut malam dan berdenyut hingga dini hari, terutama di akhir pekan. Entah Anda ingin bersantai sambil mendengarkan musik fado, makan malam di kota tua, atau berdisko di bekas dermaga yang terletak beberapa pemberhentian bus atau trem di sebelah barat Cais do Sodré.

Namun, jangan pulang terlalu cepat karena kehidupan malam yang sesungguhnya baru dimulai sekitar pukul 21.00.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.