Katedral Notre-Dame

Notre Dame

Salah satu katedral Gotik terindah yang merupakan salah satu simbol Paris dan negara Prancis ini pasti akan memukau semua orang dan wajib dikunjungi.

Didedikasikan untuk Perawan Maria, pembangunannya dimulai pada abad ke-12 namun baru selesai pada abad ke-14. Yang langsung diperhatikan semua orang adalah 3 jendela roset mawarnya yang besar (melingkar), di mana jendela sebelah barat adalah yang terbesar di dunia.

10 hotel terbaik di Paris

Sedikit sejarah

Pembangunan katedral dimulai pada tahun 1163 dan selesai pada tahun 1345. Sebagian besar tampilan Notre-Dame saat ini berasal dari periode ini, menjadikannya salah satu katedral utama tertua yang masih ada di dunia.

Banyak peristiwa penting Prancis terjadi di sini, seperti penobatan Napoleon Bonaparte. Dua menaranya yang setinggi 69 meter merupakan bangunan tertinggi di Paris sebelum Menara Eiffel dibangun dan masih menawarkan pemandangan kota yang spektakuler.

Di dalamnya juga terdapat ruang bawah tanah dengan penggalian arkeologi yang berasal dari tahun 1965 dan sebuah harta karun yang diduga merupakan mahkota duri Yesus. Ini adalah salah satu monumen yang paling banyak dikunjungi di Paris.

Kebakaran pada tahun 2019

Pada tanggal 15 April 2019, saat renovasi, kebakaran besar melanda atap katedral, yang baru dapat dipadamkan setelah lebih dari 12 jam.

Kebakaran ini menghancurkan hampir seluruh atap dan sanctus, menara neo-Gotik abad ke-19 setinggi 96 meter. Karena banyaknya air yang digunakan dalam pemadaman, banyak artefak lain yang juga rusak, tetapi yang paling langka berhasil diselamatkan.

Kebakaran di Katedral Notre-Dame di Paris mengejutkan dunia dan dilaporkan oleh media berita utama di seluruh benua. Pihak penuntut relatif cepat menutup kasus ini sebagai tindakan yang tidak disengaja sehubungan dengan rekonstruksi yang sedang berlangsung.

Hampir segera setelah kebakaran, diskusi dimulai untuk membangun kembali katedral, yang hingga kini masih berlangsung.

Jam masuk dan jam buka

Karena kebakaran pada tahun 2019, katedral ditutup untuk umum. Namun, ada baiknya Anda datang untuk melihatnya. Sebelumnya, tiket masuk ke katedral ini gratis, hanya antrian di pintu masuk yang bisa menjadi masalah.

Transportasi dan lokasi

Terletak di pulau kecil Île de la Cité di Sungai Seine.

Cara terbaik adalah berjalan di sepanjang sungai, karena Anda dapat melihat katedral dengan indah dari kejauhan dan garis pantainya menyenangkan dan relatif tenang dari bagian kota lainnya. Di pulau itu sendiri terdapat stasiun metro Cité yang dilayani oleh jalur 4.

Anda juga akan menemukan stasiun lain di tepi sungai seperti Châtelet (jalur 1, 4, 7, 11 dan 14). Ada juga sejumlah halte bus di dekatnya yang bernama Cité, Notre Dame, Saint Michel atau Châtelet.

Apa yang bisa dilihat di sekitar

Temukan semua tempat yang dapat dikunjungi di %tempat%.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.