Basilika Santo Markus

Basilika Santo Markus

Venesia penuh dengan yang terbaik, seperti yang dinyatakan oleh Basilika Santo Markus di alun-alun dengan nama yang sama. Ini adalah contoh arsitektur Bizantium yang paling terkenal di benua Eropa.

Basilika yang selesai dibangun pada tahun 1092 ini dijuluki "Kuil Emas" karena fasad mosaik emasnya yang flamboyan, yang semakin dipertegas dengan interiornya yang didekorasi dengan mewah. Basilika Santo Markus adalah salah satu monumen terpenting di Italia.

Hotel-hotel terbaik di alun-alun

Asal-usul Basilika

Gereja St Markus dibangun di sini pada tahun 828-832 setelah para pedagang Venesia di Alexandria, Mesir, menyita sisa-sisa Santo Markus dan menguburkannya di gereja yang baru dibangun. Sejak saat itu, Santo Markus sang Penginjil dianggap sebagai santo pelindung Venesia.

Gereja ini dibakar pada tahun 976 saat terjadi pemberontakan dan dibangun kembali pada tahun 1063-1094 sebagai basilika megah yang terinspirasi dari gaya Gereja Rasul-Rasul Suci di Konstantinopel Bizantium.

Arsitektur dan bentuk basilika

Sebagian besar basilika yang ada saat ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1094, tetapi pada abad ke-14 dilakukan rekonstruksi kecil dengan elemen Gotik dan pada tahun 1801 gereja ini dibangun kembali dengan gaya Barok. Meski begitu, gereja ini masih memiliki banyak gaya Romawi-Bizantium asli yang mendefinisikan wajah basilika hingga hari ini.

Gereja ini berdiri di atas denah salib sama kaki sebagai gereja dengan tiga lorong. Ciri khasnya adalah atapnya yang terdiri dari lima kubah besar.

Lantai bawah basilika terdiri dari 5 lengkungan dengan dekorasi yang kaya akan mosaik, patung, dan tiang-tiang kuno, sedangkan pintu masuk ke gereja dijaga oleh gerbang perunggu yang besar.

Dimensi keseluruhan basilika ini memiliki panjang 77 meter, lebar 63 meter, dan tinggi 45 meter.

Interior yang luar biasa akan membuat Anda terpesona

Jika Anda menemukan basilika yang indah dan didekorasi dengan indah di bagian luarnya, maka interiornya akan membuat Anda takjub. Basilika ini memiliki dekorasi pahatan, lukisan, dan yang paling penting, dekorasi mosaik yang sangat kaya. Dinding dan langit-langit basilika dihiasi dengan mosaik yang terbuat dari balok-balok berwarna yang meliputi area seluas lebih dari 4.200 meter persegi! Sebagian besar mosaik berasal dari abad ke-13.

Namun, bagian terpenting dari perabotan basilika ini adalah bagian berlapis emas dari altar tinggi abad ke-12 (yang dimodifikasi pada abad ke-14) yang disebut Pala d'Oro.

Untuk mengunjungi altar Pala d'Oro, Anda harus membayar tiket masuk terpisah sebesar 5 euro.

Kunjungi galeri

Di lantai pertama basilika, Anda dapat mengunjungi museum kecil setelah membayar biaya 7 euro.

Sebagai bagian dari biaya masuk museum, Anda dapat mengunjungi teras terbuka basilika, yang menawarkan panorama indah St Mark's Square.

Menara Lonceng Santo Markus

Basilika ini juga merupakan rumah bagi simbol Venesia yang paling terlihat, Menara Lonceng Santo Markus, yang menjulang setinggi 98 meter. Menara lonceng ini tidak dibangun hingga lebih dari 500 tahun setelah gereja itu sendiri selesai dibangun (1514), dan karena letaknya di luar bangunan utama basilika, kami telah menyiapkan panduan mini yang mendetail untuk menara lonceng ini.

Tiket masuk dan jam buka

Basilika adalah salah satu monumen terpenting di Italia, jadi bersiaplah untuk mengantre hingga satu jam untuk masuk di musim ramai. Waktu tunggu yang biasa terjadi di luar akhir pekan adalah antara 20 hingga 30 menit.

Namun, Anda dapat melakukan pemesanan secara online di situs web resminya basilicasanmarco.skiperformance.com. Ada antrian khusus dan jauh lebih pendek untuk pemegang tiket online (biasanya maksimal 10 menit).

Untuk umum, basilika ini buka mulai pukul 9:30-17:15 (masuk terakhir pukul 16:45). Pada hari Minggu, pintu masuk hanya dibuka mulai pukul 14:00 kecuali untuk Museum Santo Markus yang buka mulai pukul 9:30 pada hari Minggu.

Tiketmasuk ke Basilika sama untuk semua usia kecuali untuk anak-anak di bawah 6 tahun, yang gratis:

Harga di tempat Pemesanan online
Hanya Basilika 3 eur 6 euro
Basilika + Pala d'Oro 8 eur 12 eur
Basilika + Museum Santo Markus + balkon 7 eur 15 eur
Semua bersama-sama 15 eur 20 eur

Semua biaya di tempat dapat dibayar tunai dan dengan kartu kredit.

Bagi umat beriman, masuk gratis dari sisi utara basilika (pintu masuk Porta dei Fiori), namun Anda tidak akan memiliki kesempatan untuk melihat altar emas Pala d'Oro atau ruang utama basilika dari dekat.

Situs web resmi: basilicasanmarco.skiperformance.com

Apa yang bisa dilihat di sekitar

Temukan semua tempat yang dapat dikunjungi di %tempat%.

Artikel ini mungkin berisi tautan afiliasi yang memungkinkan tim editorial kami mendapatkan komisi jika Anda mengklik tautan tersebut. Lihat halaman Kebijakan Periklanan kami.